Pada 2023 pertumbuhan ekonomi Riau berhasil mencapai 4,88 persen dan sesuai target RPJMD 3,75...
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya menjaga pertumbuhan ekonomi daerahnya dengan cara menetapkan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit, karena penghasilan sebagian besar masyarakat berasal dari sawit.

"Penetapan harga sawit setiap seminggu sekali itu, penting guna menjaga pertumbuhan ekonomi apalagi kelapa sawit merupakan penopang perekonomian utama bagi masyarakat Riau," kata Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya, di Pekanbaru, Minggu.

Gubernur Syamsuar mengatakan penetapan harga sawit tersebut diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 77 Tahun 2020 tentang tata cara penetapan harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit produksi pekebun di Provinsi Riau.

Keberadaan pergub tersebut, katanya, dapat menetapkan harga TBS untuk perkebunan mitra swadaya sehingga pertumbuhan ekonomi di Riau tetap terjaga.

"Pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau pada 2019 mencapai 2,81 persen. Pada 2023 pertumbuhan ekonomi Riau berhasil mencapai 4,88 persen dan sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 3,75, maka Riau telah melewati target," katanya pula.

Ia mengatakan secara spasial, kontribusi Provinsi Riau pada triwulan II tahun 2023 terhadap perekonomian nasional tercatat sebesar 4,81 persen.

Sedangkan Indeks Gini Ratio Provinsi Riau tahun 2022 yaitu sebesar 0,323, bahkan lebih baik dari capaian nasional sebesar 0,381. Indeks GINI Ratio ini memberi arti bahwa distribusi pendapatan di Provinsi Riau bergerak relatif lebih merata.

"Angka Indeks Gini Ratio adalah gambaran tentang kesenjangan antara kaya dan miskin, dan alhamdulillah Riau lebih baik dari pada nasional," demikian Syamsuar.

Berdasarkan data Kepmentan No. 833 Tahun 2019 luas perkebunan sawit di Riau terluas di Indonesia, yaitu mencapai 3,38 juta hektare atau 20,68 persen dari total luas areal perkebunan kelapa sawit yang tersebar di 26 provinsi. 
Baca juga: Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Kemenkeu Satu Wilayah Kepulauan Riau Gelar Bazar UMKM
Baca juga: Gubernur Riau: Sawit berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023