Tarif ke Bali itu cuman Rp600.00-Rp700.000, itu bukan lagi insentif. Orang Bandung bisa foya-foya. Kalau dari Jakarta bisa Rp1,4 juta. Diskon 50 persen
Majalengka (ANTARA) -
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan masyarakat di Jawa Barat harus segera menggunakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk bepergian, karena harga tiket pesawat di fasilitas penerbangan itu cukup murah ketimbang bandara lainnya.
 
Hal itu diungkapkan Budi setelah meninjau secara langsung aktivitas penerbangan komersial yang melayani tujuh rute domestik di BIJB Kertajati, Minggu pagi.
 
Menurut dia, harga tiket pesawat di BIJB Kertajati yang cukup terjangkau dikarenakan adanya pengaruh diskon landing fee untuk maskapai yang melayani penerbangan di bandara tersebut. Salah contohnya seperti rute dari Bandara Kertajati menuju Denpasar, Bali.

"Tarif ke Bali itu cuman Rp600.00-Rp700.000, itu bukan lagi insentif. Orang Bandung bisa foya-foya. Kalau dari Jakarta bisa Rp1,4 juta. Diskon 50 persen," kata Budi.
 
Budi menyebutkan potongan harga itu berlaku untuk semua rute penerbangan domestik di BIJB Kertajati yang mulai beroperasi penuh saat ini.
 
Selain diskon, kata Budi, pihaknya juga meminta kepada maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citylink, Lion Air, Batik Air dan AirAsia untuk memberikan tiket khusus bagi penumpang sehingga tingkat okupansi pesawat di BIJB Kertajati semakin ramai.
 
"Ada satu konsep crowd-create-crowd, jadi keramaian itu menarik jumlah," katanya.
 
Lebih lanjut, Budi menuturkan bahwa terdapat sejumlah permintaan dari luar negeri untuk membuka destinasi penerbangan di Bandara Kertajati.
 
Kabar itu, ujar dia, telah menunjukkan kalau prospek ekonomi dari BIJB Kertajati semakin cerah ke depannya.

 
"Banyak sekali permintaan luar negeri untuk datang ke sini. Saya waktu roadshow ke Arab Saudi, Dubai, Malaysia dan India mereka sangat tertarik untuk menjadikan destinasi melalui Jawa Barat," ucap dia.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai: Penerbangan ke Bandung berubah jadi ke Kertajati

Baca juga: Menhub: Penerbangan komersil perdana di BIJB Kertajati berjalan lancar

Baca juga: Menhub harap dukungan konektivitas dan operasional Bandara Kertajati

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023