Kami sudah mengimbau kepada ASN menggunakan Bandara Kertajati ini. ASN Jawa Tengah seperti Brebes dan sebagainya.
Majalengka (ANTARA) -
Penjabat Gubernur (Pj) Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin mengungkapkan pihaknya telah mengajak para aparatur sipil negara (ASN) di Jawa Tengah (Jateng) untuk bepergian dari Bandara Kertajati, sehingga tingkat okupansi penumpang di bandara ini dapat meningkat.
 
"Kami sudah mengimbau kepada ASN menggunakan Bandara Kertajati ini. ASN Jawa Tengah seperti Brebes dan sebagainya," kata Bey, di Majalengka, Minggu.
 
Bey menjelaskan imbauan itu merupakan langkah untuk meramaikan aktivitas penerbangan komersial di Bandara Kertajati, Majalengka, Jabar. Terlebih jarak tempuh dari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menuju bandara terbesar ke-2 di Indonesia itu relatif cepat dan dekat.
 
Dia merasa optimis keberadaan Bandara Kertajati akan diterima dan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat, khususnya setelah rute domestik pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dialihkan sepenuhnya ke bandara tersebut mulai saat ini.
 
"Dari Bandung tidak jauh dan dari Brebes juga jarak tidak terlalu jauh," ujarnya.
 
Bey menambahkan bahwa momentum beroperasinya Bandara Kertajati nantinya harus dimanfaatkan oleh pemerintah daerah setempat, untuk mengenalkan berbagai destinasi pariwisata unggulan kepada penumpang.
 
"Kita masih banyak sekali tempat pariwisata daerah sini, kemarin banyak wisatawan Malaysia datang ke sini," katanya pula.
 
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Kertajati ke depannya berpotensi dapat menarik maskapai penerbangan untuk membuka rute internasional.
 
Dengan begitu, trafik penerbangan dari Bandara Kertajati akan bertambah secara signifikan dan pada akhirnya bisa mendongkrak perekonomian di daerah sekitarnya.
 
Terlebih, kata Budi, Bandara Kertajati memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter yang bisa digunakan oleh pesawat ukuran besar untuk mendarat.
 
"Supaya Jawa Barat bisa langsung dari Arab Saudi langsung ke sini, dari Eropa langsung ke sini, dari Amerika langsung ke sini dan tentu ini memberikan suatu bangkitan trafik ke Jawa Barat dan teman-teman yang mau ke Amerika suatu waktu bisa dari sini," ujar Budi pula.
Baca juga: Bandara Ngurah Rai: Penerbangan ke Bandung berubah jadi ke Kertajati
Baca juga: AP II menepis kekhawatiran kunjungan wisatawan ke Bandung bakal turun

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023