Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar ajang lari bertajuk Hajj Run & Fun Walk 2023 yang berlangsung di Baru Taba, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, dan diramaikan dengan keikutsertaan oleh ratusan peserta, Sabtu.

Melansir keterangan resmi, Minggu, ratusan peserta tersebut berasal dari sekitar wilayah Kota Padang, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

“Kegiatan ini merupakan komitmen BPKH untuk menyosialisasikan terkait Istithaah kesehatan jamaah haji. Kegiatan dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan finish di tempat yang sama, dan untuk 200 pelari yang sampai finish pertama akan mendapatkan medali,” kata Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander.

Baca juga: BPKH Hajj Run & Fun Walk usung sport tourism kenalkan wisata Singkarak

Sementara itu, Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah mengatakan, kegiatan itu digelar dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memulai menabung haji sejak dini. Tujuannya agar bisa menunaikan ibadah haji di usia muda.

“Kegiatan Hajj Run & Fun Walk ini merupakan langkah awal yang baik dan komitmen BPKH untuk menyosialisasikan terkait Istithaah Kesehatan jamaah haji ini. Sekaligus upaya memperkenalkan Haji Muda, mendorong kalangan millenial agar segera menunaikan ibadah haji di usia muda. Makanya kami gelar Hajj Run dan Fun Walk ini, karena untuk menunaikan ibadah haji, ada tawaf dan sai yang menempuh empat hingga lima kilometer jalan dan berlari,” kata Fadlul.

BPKH menyelenggarakan Hajj Run & Fun Walk dengan mengusung sport tourism untuk mengenalkan potensi wisata di daerah Singkarak.

Acara itu terbagi ke dalam dua kategori yaitu Fun Walk dengan jarak tempuh sejauh 3,5 km dan Fun Run dengan jarak tempuh lima km.

Untuk Fun Walk berjarak 3,5 km, dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan berakhir di RM Danau Indah. Sedangkan Fun Run start di Taman Wisata Tanjung Mutiara dan finis di Prasasti Ombilin.

“Ini pertama kami gelar. Semoga bisa terus terlaksana dan kami berharap dapat terus dilaksanakan di tempat wisata sebagai bentuk dukungan kami memajukan dunia pariwisata,” kata Fadlin.

Baca juga: Tip lari yang tepat untuk para pemula agar tak mudah lelah dan cedera
Baca juga: Pj Bupati Banjarnegara harapkan Dieng Run digelar setiap tahun

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023