Di waktu-waktu ini pengamanan harus lebih diperketat, bagi yang tidak berkepentingan jangan ada yang berada di lingkungan kantor kecuali petugas jaga
Sentani (ANTARA) - Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo menyesalkan kejadian kebakaran yang menghanguskan enam organisasi perangkat daerah (OPD) yang berada pada satu gedung pada Minggu (29/10) 2023 sehingga menyebabkan lumpuhnya pelayanan kepada masyarakat.

Enam OPD Pemkab Jayapura yang terbakar tersebut berada di dalam satu gedung bertingkat tiga yakni dinas kebudayaan dan pariwisata, dinas ketahanan pangan, dinas tanaman pangan dan hortikultura, dinas lingkungan hidup, dinas perkebunan dan peternakan serta dinas kelautan dan perikanan.

Baca juga: BPBD: Damkar dan TNI/Polri tangani kebakaran perkantoran Jayapura

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jayapura, Minggu, ia menyesalkan kejadian ini, dan akan melakukan evaluasi terhadap model penjagaan yang selama ini ada di gunung merah.

Menurut penjabat bupati, penjagaan akan dilakukan terutama di jam-jam tidak ada aktivitas kantor.

“Di waktu-waktu ini pengamanan harus lebih diperketat, bagi yang tidak berkepentingan jangan ada yang berada di lingkungan kantor kecuali petugas jaga,” ujarnya.

Penjabat bupati menjelaskan pengamanan harus dilakukan, bukan dari luar tetapi harus dari dalam organisasi perangkat daerah (OPD) itu.

“Saya mengharapkan semua OPD atur pengamanan kantornya masing-masing secara mandiri tanpa tergantung kepada penjagaan yang sudah ada,” katanya.

Baca juga: Belasan unit damkar bantu padamkan kebakaran TPST Bantargebang

Dia menambahkan penyebab kasus kebakaran ini harus diusut tuntas sehingga tidak boleh lagi ada kejadian serupa di waktu mendatang.

“Kejadian ini supaya diusut tuntas, sebab-sebab kebakaran dan pelakunya supaya kejadian ini tidak terulang lagi karena aset negara harus terbakar percuma,” ujarnya.

Kebakaran telah terjadi sebanyak tiga kali di mana kejadian pertama pada Kamis 17 Agustus yang menyebabkan deretan kantor KPUD, arsip, peralatan MNC Grup dan Radio Kenambai Umbai.

Selanjutnya pada Jumat 1 September Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jayapura yang terbakar dan Minggu (29/10) 2023 giliran enam OPD pada satu gedung yang hangus terbakar.

Baca juga: Puntung rokok jadi penyebab kebakaran bangunan di Jakbar

 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023