Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyatakan pengembangan kompetensi peserta didik SMK menjadi sebuah isu strategis yang perlu diperhatikan dalam rangka menyambut era revolusi industri 4.0 dan era society 5.0.

“Kita masuk di era revolusi industri 4.0 dan era society 5.0 yang menuntut pengembangan kompetensi peserta didik SMK menjadi sebuah isu strategis yang perlu diperhatikan,” kata Sekretaris Jenderal Direktorat Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Saryadi dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Saryadi menyebutkan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan kompetensi siswa vokasi adalah melalui diselenggarakannya Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) 2023.

Dalam kompetisi ini, Provinsi Jawa Timur berhasil menjadi juara umum dengan raihan 16 medali emas, tiga medali perak, dan 10 medali perunggu.

Saryadi berharap para juara dapat terus mengembangkan keterampilan dan prestasinya dalam bidang vokasi sehingga bisa menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dan memiliki nilai tambah yang lebih baik.

Kepala BPTI Asep Sukmayadi menyebutkan LKS SMK telah diikuti sebanyak 998 peserta didik dari 36 Provinsi di Indonesia 2023 yang dilaksanakan di dua lokasi yaitu SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 6 Surabaya pada 23 sampai 28 Oktober 2023.

Penyelenggaraan LKS SMK 2023 mencakup 37 cabang lomba dengan tujuh area kategori yaitu Kelompok Konstruksi, Teknologi Bangunan dan Agribisnis, Kelompok Seni Kreatif & Fashion, dan Kelompok Teknologi Informasi & Komunikasi.

Baca juga: Nadiem: SMK PK upaya penguatan kolaborasi dengan DUDI

Selanjutnya Kelompok Teknologi Manufaktur dan Rekayasa, Kelompok Pariwisata, Layanan Sosial dan Individual, serta Kelompok Transportasi yang melibatkan peserta didik terbaik di bidangnya pada tiap provinsi.

“Seluruh rangkaian lomba berjalan dengan baik. Para peserta penuh antusias menunjukkan keterampilan, kemampuan, jiwa pantang menyerah, dan menjunjung tinggi semangat sportivitas,” ujar Asep.

Risca Revan Suasmara, siswa SMK PGRI 3 Malang, yang meraih medali emas cabang lomba IT Software for Business, merasa bahagia berhasil menorehkan prestasi di LKS SMK 2023.

“Selama enam bulan saya menyiapkan diri untuk lomba ini, hari ini semua terbayar dengan raihan medali emas ini,” kata Revan.

Siswa SMK Negeri 1 Singosari, Pandu Dewangga Reanata, peraih medali emas cabang lomba Industrial Control, juga merasa bangga menyumbang medali emas bagi Jawa Timur.

“Alhamdulillah saya turut membawa Jawa Timur meraih juara umum LKS SMK 2023. Ini merupakan hasil kerja keras semua pihak dan menjadi motivasi tinggi bagi saya melanjutkan perjuangan di level internasional,” kata Pandu.

Baca juga: Wapres: Pelatihan vokasi diperkuat untuk penuhi tuntutan pasar kerja
Baca juga: Kemendikbud berikan Dana Kompetitif kepada 79 perguruan tinggi vokasi
Baca juga: Khofifah: LKS SMK Tingkat Nasional lahirkan siswa unggul dan kompeten

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023