Media berperan melakukan gugatan terhadap ketersediaan, kecukupan dan keandalan infrastruktur yang mendukung industri,"
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - CEO Kelompok Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo mengatakan media memiliki peran untuk mempublikasikan dan mengkritisi kualitas dan konsistensi kebijakan pemerintah yang berdampak pada industri.

"Media berperan melakukan gugatan terhadap ketersediaan, kecukupan dan keandalan infrastruktur yang mendukung industri," kata Agung Adiprasetyo di Nusa Dua, Bali, Kamis.

Agung Adiprasetyo menjadi salah satu pembicara dalam sesi pertama Pertemuan Puncak Pemimpin Redaksi se-Indonesia. Sesi yang dipandu Pemimpin Redaksi LKBN Antara Akhmad Kusaeni itu bertema "Membangun Kelompok Media Sebagai Pendorong Perekonomian".

Agung mengatakan, di saat kesenjangan antara yang miskin dan kaya semakin lebar, media memiliki peran untuk melakukan tuntutan terhadap tanggung jawab sosial yang semakin besar.

"Media mendorong lembaga-lembaga yang menjadi besar dan terus tumbuh menjadi besar untuk melakukan tanggung jawab sosialnya untuk mempersempit kesenjangan yang terjadi," katanya.

Menurut Agung, persaingan media yang semakin ketat akibat perkembangan teknologi, inovasi dan informasi justru menguntungkan masyarakat.

Masyarakat mendapatkan informasi yang beragam sehingga bisa memilih dan memilah mana yang benar.

"Media yang bisnisnya tumbuh dan bisa melakukan ekspansi, juga berperan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Saat ini ada 70 ribu orang yang bekerja dan dan hidup dari media," katanya.

Dalam diskusi panel itu, selain Agung Adiprasetyo, pembicara lain adalah pemimpin grup media Jawa Pos, Komisaris Tempo Fikri Jufri, Direktur Utama Metro TV Surya Paloh dan Direktur Utama SCTV Sukamto Hartono.
(D018/E008)

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013