Pengusaha Vietnam juga dapat lebih lagi mengenal mengenai peluang investasi di Indonesia dan sebaliknya pengusaha Indonesia dapat melihat peluang kerja sama bisnis di Vietnam,"
Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Vietnam Mayerfas mengatakan Forum Promosi Terpadu Perdagangan, Pariwisata dan Investasi (TTI) Indonesia Vietnam merupakan kesempatan yang baik bagi pengusaha Indonesia dan Vietnam untuk mempelajari potensi masing-masing pihak dan untuk saling berdialog.

"Pengusaha Vietnam juga dapat lebih lagi mengenal mengenai peluang investasi di Indonesia dan sebaliknya pengusaha Indonesia dapat melihat peluang kerja sama bisnis di Vietnam," kata Mayerfas pada sambutan pembukaan Forum Promosi TTI di Ho Chi Minh City Kamis (13/6).

Forum ini diharapkan benar-benar menjadi forum bisnis yang bermanfaat bagi pengusaha kedua negara yang ingin memanfaatkan potensi pasar Vietnam dan Indonesia demi kemakmuran bersama kedua negara.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Vietnam, Vo Tien Loc menyambut baik upaya yang dilakukan oleh KBRI dan menyampaikan bahwa kerja sama perdagangan kedua negara masih harus ditingkatkan secara optimal mengingat potensi perdagangan kedua negara sangat besar.

"Sudah waktunya pengusaha kedua negara untuk lebih memusatkan perhatian mereka untuk mengisi peluang bisnis yang mengemuka di kedua negara khususnya kerjasama antara usaha kecil dan menengah. Forum TTI ini merupakan media yang sangat baik untuk dimanfaatkan oleh para pengusaha," kata dia.

Forum Promosi TTI yang berlangsung pada 13--14 Juni 2013 terlaksana atas kerja sama KBRI Hanoi, KJRI HCMC dan Vietnam Chamber of Commerce and Industry (VCCI/KADIN Vietnam).

Forum dihadiri oleh lebih dari 150 pengusaha Vietnam yang bergerak di berbagai bidang usaha, seperti perbankan, konstruksi, pertanian, perdagangan, dan industri, dan 60 perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. Sebanyak lebih dari 25 perusahaan Indonesia yang bergerak di berbagai bidang seperti perumahan, pertambangan, perminyakan, telekomunikasi, batik dan kerajinan, farmasi, transportasi dan pariwisata juga hadir dalam Forum ini .

Forum ini juga dihadiri oleh para pejabat dari Kementerian Perdagangan dan Industri kedua negara serta pejabat di bidang investasi, Ketua Kamar Dagang dan Industri Vietnam, KADIN Indonesia, dan 25 wartawan dari kedua negara (23 orang wartawan Vietnam dan dua orang wartawan Indonesia).

Forum TTI merupakan upaya Perwakilan RI untuk memfasilitasi peningkatan kerja sama antara pengusaha kedua Negara. Forum telah memberikan wawasan baru bagi para pengusaha dan pembuat kebijakan di Vietnam tentang perkembangan terkini Indonesia, khusus di bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata dan investasi.

Selain itu, forum ini juga telah menghasilkan prospek baru bagi perusahaan-perusahaan asal Indonesia untuk ditindaklanjuti.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan selama Forum TTI berlangsung, yakni diskusi panel antara pejabat pemerintah dan pengusaha, Breakout Session, One-on-One Business Meeting, dan Klinik Investasi serta pagelaran Seni dan Budaya Indonesia. Selama Forum berlangsung, juga telah diselenggarakan Pameran Dagang yang diikuti oleh 18 perusahaan Indonesia.

Pada forum ini beberapa pengusaha telah berhasil menjalin kerjasama dengan mitra masing-masing.

Pada Kamis malam (13/6) telah diselenggarakan Pagelaran Malam Seni dan Budaya Indonesia diisi oleh Kelompok Citra Nusantara binaan Jenderal (Purn) Agum Gumelar dan Angklung Daeng Ujo. Pagelaran ini berhasil merebut perhatian 200 pengusaha Vietnam yang hadir.

Para tamu yang datang menyatakan kekagumannya atas tarian, lagu dan penampilan angklung dari Daeng Ujo yang memukau. Bahkan tamu Vietnam yang datang menyatakan bahwa malam tersebut terasa seperti malam persaudaraan antara Indonesia dan Vietnam.
(M016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013