Saya meyakini bahwa ini adalah salah satu acara eksibisi yang sangat penting karena ini merupakan kepentingan bersama. Dan Kadin Indonesia secara penuh mendukung dan mempunyai komitmen
Jakarta (ANTARA) - IISIA Business Forum 2023 yang berlangsung pada 9-11 November mendatang dibidik untuk dapat membuka diskusi secara luas dan mendalam untuk menjawab sejumlah tantangan yang dihadapi industri besi dan baja nasional.

Chairman The Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA) Purwono Widodo memandang bahwa gangguan rantai pasok (supply chain) global, terutama dampak COVID-19 dan perang Ukraina-Rusia, menjadi salah satu tantangan di dalam ekosistem industri baja nasional. Dia pun menggarisbawahi pentingnya perbaikan rantai pasok sehingga industri baja dalam negeri bisa lebih mandiri.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini, kita disadarkan bahwa supply chain yang dulunya berlangsung baik-baik saja di internasional, begitu ada COVID-19 dan dilanjutkan perang Ukraina-Rusia, ini (supply chain) rupanya berantakan," kata Purwono Widodo saat konferensi pers di Jakarta, Senin.

Berkaca pada kondisi tersebut, gelaran IISIA Business Forum pada tahun ini mengusung tema "Industri Baja Nasional untuk Kemandirian Bangsa".

Forum yang diadakan bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta didukung oleh Kementerian Perindustrian itu akan mempertemukan seluruh pemangku kepentingan industri baja.

Tak hanya isu rantai pasok, forum bisnis diharapkan membuka diskusi yang lebih luas mengenai masa depan industri besi dan baja, pengembangan teknologi terkini dan penyusunan peta jalan untuk mendukung percepatan dekarbonisasi, serta penyelesaian kebutuhan baja dalam proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sementara itu, Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan pihaknya berkomitmen penuh untuk mendukung pertumbuhan industri besi dan baja yang selama ini dinilai menjadi penopang ekonomi nasional.

Kadin meyakini IISIA Business Forum 2023 secara efektif dapat meningkatkan sinergi yang kuat antara pemerintah, produsen baja nasional, industri manufaktur, konstruksi pengguna jasa, asosiasi industri, serta ekosistem industri baja nasional.

"Saya meyakini bahwa ini adalah salah satu acara eksibisi yang sangat penting karena ini merupakan kepentingan bersama. Dan Kadin Indonesia secara penuh mendukung dan mempunyai komitmen," kata Yukki.

IISIA Business Forum 2023 akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Selain seminar dan gelar wicara (talkshow), forum tersebut turut menghadirkan pameran dengan melibatkan lebih dari 90 peserta yang berasal dari berbagai perusahaan dan institusi lainnya.

Baca juga: Menperin: industri baja jadi contoh terapkan prinsip keberlanjutan
Baca juga: 4.500 pengunjung padati "IISIA Business Forum 2022"
Baca juga: IISIA sebut industri baja nasional meningkat pesat

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023