Jakarta (ANTARA) -
Tiga mobil dari 54 kendaraan yang terjaring razia uji emisi di Jalan Pemuda, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu, dikenakan sanksi tilang karena tidak lulus uji emisi.
 
Para pengemudi mobil yang dikenakan sanksi tilang itu harus membayar denda sebesar Rp500.000.
 
Kepala Unit (Kanit) Keamanan dan Keselamatan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Jakarta Timur AKP Budi Lestari mengatakan, sanksi tilang itu berdasarkan berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ),

Pada Pasal 285 ayat (1) dan (2) dan Pasal 286 disebutkan besaran denda tilang Rp250.000 untuk kendaraan sepeda motor dan Rp500.000 untuk kendaraan mobil.
 
Kepada pengemudi atau pemilik kendaraan yang tidak lulus uji emisi tersebut selanjutnya diwajibkan untuk segera melakukan servis agar emisi gas buangnya sesuai ketentuan.

Baca juga: Bulan ini razia uji emisi dilakukan 14 kali di Jaksel
 
Pada September 2023, pihaknya telah menerapkan sosialisasi uji emisi atau pra uji emisi mengenai imbauan agar melakukan servis kendaraan untuk terhindar dari penindakan uji emisi.
 
Dia juga mengimbau kepada pengguna jalan roda empat maupun roda dua ketika kendaraan itu kami uji dan tidak sesuai dengan ketentuan disarankan untuk servis atau perbaikan. "Karena untuk kelanjutannya kami akan tindak dengan tilang," kata Lestari.

Razia tersebut akan rutin digelar untuk menekan polusi udara di DKI Jakarta.
 
Salah satu pengemudi yang terkena tilang, Saiful mengaku tidak mengetahui adanya razia tersebut. Karena itu dia sempat terkejut ketika ada razia uji emisi.
 
"Baru pertama kali kayak gini. Diarahkan selanjutnya untuk disidang, tidak tahu juga ada razia uji emisi ini," ujarnya.

Baca juga: 34 kendaraan terjaring razia uji emisi di Jakarta Selatan
 
Berdasarkan data dari Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Jakarta Timur, jumlah kendaraan yang terjaring razia sebanyak 54 unit. Rinciannya sebanyak 24 mobil berbahan bakar bensin, enam kendaraan berbahan bakar solar dan 24 unit sepeda motor.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan pemberlakuan kembali tilang terhadap kendaraan yang belum atau tidak lolos uji emisi mulai 1 November 2023.
 
Pemberlakuan kembali tilang uji emisi mulai 1 November 2023 sebagai langkah yang diambil setelah Pemprov DKI Jakarta melakukan evaluasi yang melibatkan berbagai pihak.
 
Tilang uji emisi dinilai sangat efektif untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023