Pada tanggal 24 Oktober 2023 kemarin, Kelurahan Kebon Kosong tepatnya RW 06 ini lolos verifikasi Proklim tingkat Lestari.
Jakarta (ANTARA) - Warga RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Jakarta Pusat, mengubah tempat penampungan sampah menjadi lahan atau sentra untuk pengembangan tanaman hidroponik.

“Ini bermula dari keresahan warga akan bau sampah yang menyengat, utamanya kalau musim hujan. Bau dari tumpukan sampah itu luar biasa,” kata Ketua RW 06 Kelurahan Kebon Kosong Bibing di Jakarta, Rabu.

Keresahan akan kondisi lingkungan tempat tinggal yang tidak nyaman tersebut menggerakkan hati Bibing dan sejumlah warga setempat untuk membongkar lahan seluas 150 meter persegi itu, kemudian diganti menjadi tempat pengembangan sayur hidroponik atau green house.

Pengembangan tanaman hidroponik, kata dia, sudah dimulai sejak 2020 dengan menggunakan 4.260 lubang netpot. Sementara untuk pengairan tanaman hidroponik yang ada pada green house adalah air hidran dari damkar yang ditampung dalam kolam sebesar lima kali enam meter.

Baca juga: Kilang Pertamina Plaju antarkan masyarakat raih Proklim KLHK 2023

Baca juga: DKI arahkan kelurahan dan RW bentuk Kampung Iklim


“Sayuran yang ditanam beragam jenisnya, mulai dari kangkung, bayam, pakcoy, dan juga sawi,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa hasil panen sayur pada green house cukup baik dan berkualitas tinggi, sehingga salah satu restoran cepat saji yang ada di wilayah RW 06 tertarik untuk bekerja sama dalam penyediaan sayuran kangkung.

“Dalam sehari RW 06 tertantang untuk menyediakan sayur kangkung segar sebanyak 8 kilogram, dan dijual dengan harga Rp20 ribu per kilogram,” katanya.

Untuk mengembangkan green house tersebut, terdapat tiga warga setempat yang dipekerjakan setiap harinya.

Hadirnya lahan hidroponik itu, menurutnya, membawa kebaikan bagi warga sekitar, tidak hanya dari sisi kebersihan, tetapi juga roda perekonomian.

“Kini tidak hanya lingkungan kami yang bersih, tapi ekonomi warga juga bergerak,” ujar dia.

Salah satu kegiatan penghijauan dan kepedulian terhadap lingkungan tersebut membuat Kelurahan Kebon Kosong RW 06 mendapatkan gelar Kampung Iklim tingkat lestari dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Pada tanggal 24 Oktober 2023 kemarin, Kelurahan Kebon Kosong tepatnya RW 06 ini lolos verifikasi Proklim tingkat Lestari, salah satu penilaiannya karena green house ini,” kata Bibing.*

Baca juga: DKI raih sejumlah penghargaan pada Program Kampung Iklim

Baca juga: Kementerian LHK beri penghargaan Proklim kepada Tapin Kalsel


Pewarta: Cahya Sari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023