Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi menarik menghiasi berita ekonomi pada Rabu (1/11) mulai dari catatan BPS atas inflasi Oktober sebesar 0,17 persen hingga pemerintah siapkan regulasi baru untuk jasa penitipan (jastip).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. BPS: Inflasi Oktober 0,17 persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia mengalami inflasi 0,17 persen pada Oktober 2023 jika dibanding dengan IHK bulan sebelumnya (month-to-month/mtm).

Berita selengkapnya di sini

2. Bandara IKN dibangun di atas HPL Badan Bank Tanah

Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, yang baru diresmikan pembangunannya oleh Presiden Jokowi, Rabu, didirikan di atas lahan di Hak Pengelolaan (HPL) Badan Bank Tanah.

Berita selengkapnya di sini

3. Perpadi usulkan harga acuan pembelian gabah naik jadi Rp6.500 per kg

Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) mengusulkan Harga Acuan Pembelian (HAP) gabah dinaikkan dari Rp5.000 per kg menjadi Rp6.500 per kg karena adanya kenaikan biaya produksi pertanian.

Berita selengkapnya di sini

4. Pemerintah siapkan regulasi baru untuk jastip

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan, layanan jasa titip atau jastip dari luar negeri akan mendapat pengawasan ketat melalui peraturan baru.

Berita selengkapnya di sini

5. BRIN rilis 4 varietas baru pinang hingga kakao, bantu dongkrak ekspor

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) merilis empat varietas unggul baru tanaman pinang, tembakau, dan kakao, dengan harapan bisa berkontribusi terhadap peningkatan nilai ekspor komoditas perkebunan.

Berita selengkapnya di sini


Baca juga: Kemarin, tiket pesawat Kertajati hingga “booming” ekonomi digital
Baca juga: Kemarin, realisasi hilirisasi hingga transaksi perdana bursa CPO


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023