Riau juga memperoleh juara I nasional PIK-R Percontohan segmentasi “Berkolaborasi” dan Juara III nasional PIK R percontohan segmentasi "Berani".
Pekanbaru (ANTARA) - Haggilsyah Ivan asal Provinsi Riau terpilih menjadi juara I Duta Generasi Berencana (Genre) Indonesia Putra tahun 2023 dalam Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Genre Nasional (Adujaknas) 2023 sebagai agenda rutin BKKBN.

Agenda ini bertujuan BKKBN dapat memilih sosok figur berusia 16-22 tahun yang akan menjadi role model bagi BKKBN.

"Saya bangga dan mengucapkan selamat kepada Haggilsyah Ivan, semoga penghargaan ini tidak hanya sebatas selempang saja, semoga Hagil bisa menjadi 'role model' bagi teman sebaya dan ikut menyebarkan 'virus' triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR)," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia, dalam keterangannya dari Semarang, Kamis.

Kemenangan juara nasional itu diumumkan pada malam puncak Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreatifitas Remaja tingkat nasional 2023 di Taman Indonesia Kaya, Kota Semarang, Jawa Tengah. Hadiah dan salempang diberikan langsung oleh Pelaksana harian Kepala BKKBN RI Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si.

Mardalena Wati Yulia mengatakan triad KRR adalah tiga resiko yang dihadapi oleh remaja yaitu seksualitas, HIV/ AIDS dan napza.

Karena itu, katanya lagi Genre harus zero dari tiga permasalahan remaja yaitu tidak menikah di usia anak, tidak melakukan seks bebas dan tidak mencoba-coba napza serta berperan aktif dalam percepatan penurunan stunting.

"Kita beri apresiasi dan mengucapkan selamat kepada Hagil, pemenang Juara I Duta GenRe Putera Nasional 2023," katanya.

Ia menjelaskan ajang tahunan ini diselenggarakan untuk memilih figur remaja sebagai role model bagi anak-anak muda yang kreatif, inovatif, dan punya pemikiran-pemikiran yang maju guna menyiapkan masa depan dengan mengusung tema "Genre Indonesia menuju 13 yang selaras bergerak bersama, berkolaborasi, dalam mewujudkan remaja yang bermakna".

Selain itu Riau juga memperoleh juara I nasional PIK-R Percontohan segmentasi “Berkolaborasi” dan Juara III nasional PIK R percontohan segmentasi "Berani".

Pelaksana harian Kepala BKKBN RI Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si mengatakan melalui momentum ini BKKBN mengharapkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak serta keterlibatan aktif remaja Indonesia, genre Indonesia untuk sama sama membantu mewujudkan penduduk Indonesia yang berkualitas melalui upaya percepatan penurunan stunting.

Salah satu upaya yang dilakukan katanya lagi adalah melalui pencegahan stunting dari hulu yang dimulai dari remaja.

"Upaya pencegahan stunting pada fase remaja dilakukan dengan mengedukasi remaja mulai dari kesehatan reproduksi, gizi, penyiapan kehidupan bagi remaja. Semoga kebijakan ini bisa mendorong serta mendukung bagaimana memastikan kebutuhan gizi terpenuhi, agar tidak buru-buru menikah sehingga dipastikan tidak melakukan perilaku berisiko yang dapat menyebabkan kehamilan di usia muda," demikian Sestama. 
Baca juga: Jambore Ajang Kreativitas Nasional Genre cetak SDM berkualitas
Baca juga: Kepala BKKBN: Optimalisasi bonus demografi jamin kesejahteraan remaja
Baca juga: Kepala BKKBN ajak Forum Genre buat inovasi seputar kesehatan keluarga

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023