Kita melihat bahwa diversifikasi adalah strategi yang paling tepat. Jadi diversifikasikan antara kepemilikan di saham dengan obligasi, sesuaikan dengan profil risiko dari masing-masing investor
Jakarta (ANTARA) - Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Katarina Setiawan mengatakan, diversifikasi dapat menjadi strategi yang tepat guna mengurangi risiko saat melakukan investasi pada tahun politik.

Menurut Katarina, investor perlu memvariasikan jenis instrumen investasinya, misalnya investasi saham dan obligasi.

"Kita melihat bahwa diversifikasi adalah strategi yang paling tepat. Jadi diversifikasikan antara kepemilikan di saham dengan obligasi, sesuaikan dengan profil risiko dari masing-masing investor," ujar Katarina saat konferensi pers kerja sama Bank BTPN dan Mami secara daring, Kamis. 

Menurut Katarina, pemilu masih memberikan ketidakpastian, seperti siapa kandidat yang nantinya akan terpilih, bagaimana agendanya, hingga kebijakan yang diberlakukan.

"Sehingga hal ini menyebabkan beberapa investor, beberapa perusahaan itu secara umum menunda investasi," kata Katarina.

Katarina menyampaikan, dengan lebih stabilnya suku bunga dan volatilitas di imbal hasil obligasi pemerintah dan juga imbal hasil obligasi pemerintah AS atau US Treasury, maka investasi di pasar obligasi menjadi sangat menarik saat ini.

“Jadi pasar obligasi akan sangat diuntungkan, tetapi kita juga harus melakukan diversifikasi dan terutama bagi investor dengan profil risiko yang lebih agresif dan lebih jangka panjang,” ujar Katarina.

Dia menambahkan, investor sering kali memberikan perhatian khusus pada faktor keamanan pemilu saat mempertimbangkan investasi di pasar modal.

Keberlangsungan pemilu di Indonesia pun disebut selalu diiringi dengan suasana yang aman sehingga menciptakan kepercayaan investor, terlihat dari tren kenaikan pasar modal setiap kali pemilu digelar.

“Jadi ini mungkin ditopang oleh aktivitas ekonomi yang lebih meningkat. Jadi ada perputaran uang yang meningkat, kemudian ada konsumsi yang ditopang oleh dana-dana kampanye,” kata Katarina.

Baca juga: Pakar sebut diversifikasi sebagai kiat investasi aman di tahun politik
Baca juga: Mirae Asset: Reksa dana indeks jadi pilihan diversifikasi investasi
Baca juga: Pelaku industri sebut kripto bisa jadi pilihan diversifikasi investasi


Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023