Suksesnya penyelenggaraan pemilihan ini juga dapat meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong investasi di sektor perbankan.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat perbankan dan praktisi sistem pembayaran Arianto Muditomo menyatakan bahwa kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 yang digelar sepanjang tahun ini dapat meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di Indonesia.



“Suksesnya penyelenggaraan pemilihan ini juga dapat meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong investasi di sektor perbankan,” ujar Arianto Muditomo saat dihubungi di Jakarta, Selasa.



Selain itu, ia menyatakan bahwa penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut, juga dapat meningkatkan transaksi keuangan, pertumbuhan kredit untuk menunjang rantai pasok logistik pemilihan, digitalisasi transaksi dan crowdfunding untuk kampanye, serta inklusi keuangan.



Namun, dia mengingatkan bahwa industri perbankan juga perlu mewaspadai tindak pidana keuangan yang memanfaatkan sistem perbankan selama tahun politik.



“Secara khusus, dampak negatif dari penyelenggaraan tahun politik yang harus diperhatikan adalah terkait tindak pidana keuangan yang memanfaatkan perbankan, misalnya penyuapan, gratifikasi, pencucian uang, dan lain-lain,” kata Arianto.



Ia menyatakan bahwa bank perlu mengantisipasi dan memitigasi berbagai risiko tersebut, agar stabilitas dan ketahanan industri perbankan terjaga.



Menurutnya, langkah antisipasi dan mitigasi yang dapat dilakukan adalah memperkuat sistem internal bank dan meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko-risiko tindak pidana keuangan yang kemungkinan muncul selama periode pemilihan tersebut.



Pemilu dan Pilpres 2024 dilaksanakan bersamaan pada 14 Februari. Sedangkan Pilkada 2024 untuk memilih gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota dijadwalkan berlangsung serentak pada 27 November mendatang.
Baca juga: Kepercayaan Investor Meningkat Setelah Agroshift Raih Investasi Baru dari ADB Ventures
Baca juga: Bahlil: Pemerintah jaga kepercayaan investor dalam divestasi Vale


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024