Padang (ANTARA) - PT Semen Padang yang merupakan perusahaan di bawah naungan Kementerian BUMN menggandeng Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) untuk membekali karyawan di perusahaan itu menjelang masa pensiun.

"PT Semen Padang menandatangani kerja sama dengan BTPN tentang layanan perbankan dan pelatihan kewirausahaan bagi karyawan PT Semen Padang yang akan memasuki usia pensiun," kata Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri di Padang, Jumat.

Menurut Oktoweri, kerja sama dengan BTPN diharapkan menjadi salah satu solusi bagi karyawan yang masih aktif, atau memasuki pensiun agar memiliki program usaha yang bisa mendatangkan keuntungan di hari tua.

Ia mengatakan kerja sama berupa pelatihan kewirausahaan dan layanan perbankan yang disiapkan BTPN, akan saling berkolaborasi dengan program pendidikan dan pelatihan Semen Padang.

Pada kesempatan itu, Oktoweri menjelaskan alasan memilih BTPN sebagai mitra kerja sama khususnya dalam hal memberikan pelatihan pada karyawan perusahaan semen tertua di Asia Tenggara tersebut.

"BTPN telah berusia 65 tahun dan memiliki pengalaman memberdayakan para nasabah pensiunan khususnya mengembangkan usahanya. Hal ini diharapkan memberikan manfaat bagi keluarga karyawan," jelasnya.

Sementara itu, Head of Retail Landing Business BTPN Purnomo B Soetadi menyambut baik kerja sama terkait dengan pelayanan perbankan, dan pelatihan kewirausahaan untuk karyawan PT Semen Padang yang akan memasuki usia pensiun.

"Kami berharap kerja sama ini memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak, terutama bagi karyawan yang akan memasuki masa pensiun," harap dia.

Menurut dia, selama ini cukup banyak karyawan yang akan pensiun namun bingung mencari jenis usaha yang cocok. Berangkat dari kondisi itu, BTPN menawarkan solusi salah satunya pelatihan kewirausahaan hingga pelayanan perbankan.

"Pelayanan perbankan itu berupa modal untuk membangun usaha. Namun, tetap disupervisi oleh BTPN supaya usahanya dapat tumbuh dan berkembang," kata Purnomo.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023