Jakarta (ANTARA) - Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali akan menggelar Pagelaran Intelektual/pesta ilmu terbesar bidang keilmuan human capital di Indonesia melalui Indonesia Human Capital Summit (IHCS) yang ke-4 di Jakarta.

IHCS bukanlah acara biasa, melainkan sebuah sorotan gemilang yang hanya muncul dua tahun sekali sejak tahun 2016 dengan tujuan untuk mempercepat kemampuan sumber daya manusia, menciptakan ruang kolaborasi, mendorong transformasi korporat menuju penciptaan nilai dan keberlanjutan di masa depan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa pergeseran industri menuju 5.0, serta era pasca-pandemi telah memicu perubahan signifikan di berbagai sektor, termasuk dalam domain sumber daya manusia.

Kini, tuntutan akan praktik manajemen sumber daya manusia yang efektif semakin penting, dengan harapan bahwa sumber daya manusia dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kinerja bisnis perusahaan, memberikan nilai tambah, dan memastikan kelangsungan bisnis.

Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar di Jakarta, Sabtu, menyampaikan bahwa kegiatan IHCS diharapkan dapat menjadi sarana diskusi serta bertukar pikiran terkait best practice di bidang human capital baik di Indonesia maupun global sebagai upaya dalam mendukung transformasi perusahaan yang lebih baik melalui akselerasi kapabilitas SDM.

The 4th Indonesia Human Capital Summit (IHCS) ini akan digelar pada tanggal 6-7 November 2023 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Tema besar yang diangkat kali ini yaitu "Navigating Human Experience Journey for Value Creation and Sustainability". Tema ini tidak hanya relevan, tetapi juga menjadi panduan dalam menggali strategi pengelolaan human capital di Indonesia, sejalan dengan perubahan zaman dan meningkatkan nilai tambah. IHCS juga berperan dalam memberi dorongan kepada generasi muda untuk berperan aktif di perusahaan masing-masing.

The 4th Indonesia Human Capital Summit (IHCS) menghadirkan lebih dari 25 narasumber yang terdiri dari expertise, CEO, C-level global terkemuka di bidang human capital, termasuk perusahaan milik negara dan perusahaan swasta. Selain melibatkan para pakar human capital, FHCI juga menghadirkan pakar teknologi digital, pakar energi, dan lainnya baik berasal dari dalam maupun luar negeri dengan kredibilitas diakui dunia yang siap dibagikan kepada seluruh peserta IHCS melalui sesi Plenary hall dan sesi Concurrent Class yang dibagi dalam dua hari.

Menteri BUMN Erick Thohir direncanakan hadir dalam gelaran The 4th Indonesia Human Capital Summit (IHCS) pada awal sesi Plenary hall hari pertama (6/11) kemudian ada Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero); Verena Siow, President and Managing Director Southeast Asia at SAP; Nesan Govender, Managing Director Accenture Strategy and Consulting;dan Samir Bedi, EY Asean Workforce Advisory Leader, Singapore Government & Public Sector Leader Ernst & Young Advisory Pte. Ltd.

Pada hari pertama ini juga akan ada sesi Concurrent Class yang akan dibawakan oleh sembilan orang narasumber skala nasional dan internasional termasuk direksi sejumlah seperti Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Soleh Ayubi, Wakil Direktur Utama Bio Farma dengan beragam pengalaman gemilang yang siap untuk dibagikan.

Kemudian sesi Plenary hall hari kedua (7/11) akan dihadiri oleh Jack Xu, Professor Huawei; Suahasil Nazara, Wakil Menteri Keuangan; Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Kementerian BUMN; R. Michael Anderson, Author of Leadership Mindset 2.0.

Selanjutnya, Sesi Plenary hall hari kedua akan diselingi dengan sesi Concurrent class yang akan dibawakan oleh 10 narasumber berpengalaman termasuk direksi BUMN seperti Tina Kemala Intan, Direktur SDM PT Pupuk Indonesia; Sinthya Roesly, Direktur Keuangan PT PLN (Persero); Emma Sri Martini, Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero); Endi Muharam Perbawamukti, Direktur HC PT Telkomsel; dan Bahana Wiradanti, Senior Officer Strategic Alliance at PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Setelah itu akan ada sesi khusus dari Addie MS, musikus, komponis, penulis lagu dan produser rekaman. Selanjutnya akan disampaikan closing statement dari Tedi Bharata, Deputi SDM TI Kementerian BUMN.

Selain sesi Plenary hall dan Concurrent class, Terdapat pula beragam rangkaian kegiatan menarik yang tak terlihat dalam edisi IHCS sebelumnya yang mencerminkan tekad FHCI untuk selalu berada di garis depan inovasi seperti Call for Paper yang melibatkan pemangku kepentingan dalam berbagi pengetahuan melalui karya ilmiah, selanjutnya yaitu AI Role Play Experience di setiap sesi selesai yang dikemas seperti mini games agar peserta dapat meningkatkan retensi ilmu dan mengaplikasikannya dalam situasi dunia nyata secara lebih efektif, serta rangkaian acara seperti Company Visit kepada 30 peserta yang telah memiliki tiket dan terpilih untuk diajak melihat praktik terbaik secara langsung di perusahaan-perusahaan yang telah berhasil dalam penerapan pengembangan human capital antara lain pengembangan human experience, pengembangan DEI (Diversity-Equity-Inclusion), pengembangan transformasi digital, dan pengembangan strategi bisnis yang dijadwalkan pada hari ketiga gelaran IHCS 4 (Rabu, 8/11).

The 4th Indonesia Human Capital Summit (IHCS) 2023 dibuka untuk seluruh pegawai BUMN dan masyarakat umum. Untuk informasi lebih lengkap dan proses pembelian tiket, silahkan mengunjungi website IHCS 4 melalui tautan https://fhci-ihcs2023.com/.

Beberapa BUMN yang sudah memiliki kode tiket, juga dapat langsung mendapatkan tiketnya melalui situs IHCS.

IHCS 4 juga memberikan kesempatan kepada 20 mahasiswa berdomisili Jakarta yang berminat untuk terlibat langsung dengan membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan oleh narasumber IHCS 4. IHCS menargetkan 1.500 peserta offline dan 15.000 peserta online (Syarat dan ketentuan dapat di lihat pada postingan Instagram @fhci.bumn).

Baca juga: Sejumlah direksi BUMN bagikan kunci sukses perusahaan di IHCS 2023
Baca juga: IHCS 2023 hadirkan para ahli berpengalaman dukung pengembangan bisnis
Baca juga: Inovasi berpusat pada manusia jadi topik bahasan di IHCS 2023

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023