Pengembangan kompetensi pegawai merupakan kunci keberhasilan Bank Mandiri.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peserta rangkaian Indonesia Human Capital Summit (IHCS) ke-4 tahun 2023 melakukan kunjungan (company visit) ke empat BUMN, yakni Bank Mandiri, PLN, Pertamina, dan Telkom,untuk melihat langsung strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) di empat perseroan ini.

Dalam company visit dalam rangkaian Indonesia Human Capital Summit (IHCS) 2023, di Kampus Mandiri University Nawasena di kawasan Wijaya Kusuma, Jakarta, Rabu (8/11), Group Head Mandiri University Dindin Rosyidin mengungkapkan pengembangan kompetensi pegawai merupakan kunci keberhasilan Bank Mandiri.

“Mandiri University memiliki kontribusi penting dalam proses ini,” kata Dindin dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Kunjungan ke Mandiri University ini diawali dengan pemaparan mengenai strategi Learning and Development (L&D) Bank Mandiri dan kemudian diikuti dengan tur kampus.

Strategi L&D Bank Mandiri dibentuk berdasarkan tiga pilar penting, yaitu Capability Enabler, Learning to Business Alignment, dan Learning Experience Design.

Keberhasilan Bank Mandiri dalam pengelolaan corporate university telah diakui secara global. Hal ini tercermin dengan keberhasilan Bank Mandiri memperoleh akreditasi Corporate Learning Initiative Programs (CLIP) yang diberikan oleh European Foundation of Management Development (EFMD) sejak bulan Januari 2022.

Sebanyak 30 peserta dari perusahaan-perusahaan holding BUMN maupun anak perusahaan menjadikan PLN sebagai benchmark atau tolok ukur atas transformasi yang sukses dilakukan perusahaan listrik ini.

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN Yusuf Didi Setiarto menjelaskan, kunjungan benchmark ke PLN bertujuan sebagai contoh bagi perusahaan lain untuk melihat praktik secara langsung di perusahaan yang telah berhasil menerapkan pengembangan human capital.

“Hal ini mencakup pengembangan human experience, Diversity, Equity, and Inclusion (DEI), transformasi digital, dan pengembangan strategi bisnis,” ujar Didi.

PLN sebagai tuan rumah company experience visit gelaran IHCS dinilai mampu memberikan transfer pengetahuan dalam melakukan transformasi. PLN menjadi salah satu BUMN yang telah berhasil melakukan reformasi budaya kerja, sehingga mencetak SDM unggul dalam menjawab tantangan zaman.

“IHCS yang merupakan pesta ilmu di bidang pengembangan SDM ini menghadirkan platform yang unik dan inovatif untuk para peserta, menciptakan peluang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman yang mendalam tentang pengelolaan human capital yang relevan dengan zaman,” kata Didi.

Lebih lanjut, VP Human Capital System Pertamina Indah Kurnianingsih dalam acara Company Visit Experience Visit IHCS 2023 menjelaskan bahwa perusahaan terus meningkatkan komposisi pekerja perempuan yang menduduki jabatan strategis melalui program-program pengembangan sumber daya manusia dalam rangka mencapai kesetaraan gender di lingkungan perusahaan.

"Tidak dipungkiri dunia energi, minyak, dan gas itu identik dengan dunia laki-laki. Saat ini, komposisi pekerja perempuan di Pertamina (dari level bawah sampai atas) ada di angka 17 persen," katanya pula.

Menurut data yang dibagikan Pertamina, komposisi perempuan yang menduduki jabatan di level atas (senior leadership) mencapai 10 persen. Perusahaan menargetkan tingkat partisipasi perempuan di level pimpinan bisa meningkat sebesar 20 persen pada 2030.

Pertamina sendiri memiliki sejumlah program pengembangan sumber daya manusia melalui komunitas pekerja Pertiwi (Pertamina Tangguh Inspiratif Wibawa Independen), salah satunya termasuk Women Leadership Accelerator Program (Women LEAP) untuk memastikan pekerja perempuan di level staf senior mempunyai kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tak hanya Women LEAP, Pertiwi Pertamina juga berfokus pada program inklusivitas lainnya mulai dari pelatihan atau pembinaan (coaching), pendampingan (mentoring), Respectful Workplace Policy (RWP), PsyCare atau pendampingan psikologis, dan sebagainya.

Adapun, Company Experience Visit Telkom terdiri dari sesi talkshow dan office tour. Pada sesi talkshow, sejumlah praktisi human resource berpengalaman di Telkom berbagi pengalaman dalam mengelola karier dan talenta, people analytic, mewujudkan kesejahteraan karyawan dan lingkungan kerja, serta cara kerja secara digital.

Kemudian pada sesi office tour, sebanyak 30 peserta yang berasal dari 12 perusahaan diajak melihat ruangan yang difungsikan untuk menjaga kebugaran fisik karyawan, ruang pertemuan yang terpusat pada satu lantai hingga ke kantin perusahaan.

AVP Human Capital Communication & Employer Branding Telkom Indonesia Rama Sugihato menegaskan dalam meningkatkan kinerja perusahaan, Telkom berfokus pada upaya mengembangkan dan mengelola manusia, membangun kepercayaan dan nilai yang sama agar para karyawan mempunyai semangat yang sama dalam memajukan perusahaan, serta memanfaatkan teknologi sebagai penggerak perusahaan.

Positive goals-nya kita tumbuh bersama sebagai sesama BUMN dan perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan quality dari people, melalui best practices pengelolaan human capital,” ujar Rama pula.
Baca juga: IHCS 2023: Pentingnya transformasi human capital
Baca juga: Tedi Bharata di IHCS 2023 sebut pentingnya transformasi human capital


Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023