Kami masih membuka pendaftaran sampai berakhirnya kegiatan Istana Open pada tanggal 22 Juni mendatang
Bogor (ANTARA News) - Selama dua hari pelaksanaan kegiatan Istana Open oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, tercatat 7.000 pengunjung telah memasuki Istana Bogor.

"Total sudah 7.000 pengunjung yang masuk Istana Bogor, pada hari pertama ada 3.000 orang, disusul 4.000 orang di hari ke dua," ujar Istiadi, Koodinator Pendaftaran masuk Istana Bogor, Rabu.

Istiadi menyebutkan, jumlah pengunjung yang ingin masuk Istana Bogor terus meningkat, diperkirakan hari ke tiga pelaksanaan Istana Open jumlah pengunjung akan bertambah.

Sementara itu, jumlah pendaftar yang ingin mengikuti kegiatan Istana Open hingga Selasa (18/6) kemarin sudah lebih dari 33.000 orang.

Pelaksanaan kegiatan Istana Open berlangsung selama lima hari yakni mulai 17-20 Juni dan 22 Juni.

Menurut Istiadi, pengunjung didominasi oleh rombongan dari sekolah yang diikuti para pelajar dan guru, disusul masyarakat umum serta wisatawan.

Dikatakannya, para pengunjung yang hadir tidak hanya datang dari Bogor tapi dari berbebagi daerah seperti Lampung, Kalimantan dan Jawa, bahkan dari mancanegara.

"Hari pertama Istana Open ada wisatawan Ceko dan Denmark yang ikut ambil bagian dalam kunjungan ke Istana Bogor," ujarnya.

Istadi mengatakan, pemberangkatan masuk ke Istana Bogor dari dimulai dari halaman Gedung Kemuning Gading Jalan Kapten Muslihat.

Setiap harinya diberangkatkan delapan rombongan, dimana setiap rombongannya yang diberangkatkan antara 300 sampai 500 orang.

"Kami masih membuka pendaftaran sampai berakhirnya kegiatan Istana Open pada tanggal 22 Juni mendatang," kata Istadi.

Ia menambahkan, kegiatan Istana Open bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melihat dari dekat bagunan yang mengandung nilai sejarah bagi Bogor khusus dan Indonesia pada umumnya.

"Kegiatan Istana Open digelar setiap tahun dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) yang tahun ini berusia 531. Tahun ini merupakan tahun ke enam diselenggarakannya Istana Open," katanya.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Iva dari Republik Ceko mengaku sangat mengagumi Istana Bogor karena memiliki banyak lukisan yang indah. "Saya mengagumi lukisan-lukisan yang ada di dalam Istana Bogor," ujarnya.

Menurut Iva, ia juga memiliki rasa bangga karena ada lampu kritial pemberian negaranya yang dipajang di Istana Bogor. "Saya bangga, ada pemberian dari negara saya yang dipajang di Istana Bogor itu," ucapnya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013