Yogyakarta (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menghadirkan pameran foto jurnalistik bertajuk "Terus Bertumbuh dan Melaju" yang merekem capaian kinerja Pemerintah selama 2023.

Dalam pameran itu, sebanyak 70 karya pewarta foto ANTARA disuguhkan di Kampung Dolanan, Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah mulai 5-14 November 2023.

"Pameran ini disajikan di Candi Prambanan karena kita tahu bahwa ini adalah 'world heritage' yang pengunjungnya tidak pernah putus," kata kurator pameran Ismar Patrizki saat pembukaan pameran di Kompleks Candi Prambanan, Minggu.

Ismar menuturkan pameran itu merupakan sebuah ilustrasi dari buku Capaian Kinerja Tahun 2023 "Terus Bertumbuh dan Melaju" yang disusun oleh Kantor Staf Kepresidenan RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama LKBN ANTARA.

Seluruh foto jurnalistik maupun grafis yang disajikan dalam pameran itu mewakili enam bab dalam buku tersebut.

"Kami coba olah dan sajikan dalam format pameran agar dapat bisa dinikmati secara lebih luas dan bisa menjangkau masyarakat lebih banyak lagi," ujar Ismar.

Sejumlah foto yang dapat dinikmati pengunjung maupun wisatawan di ruang terbuka itu, merekam berbagai aktivitas mulai dari masa transisi Indonesia dari pandemi COVID-19 menuju endemi, pemulihan ekonomi, hingga kesuksesan Indonesia dalam keketuaan ASEAN 2023.

Redaktur Pelaksana LKBN ANTARA Teguh Priyanto mengatakan buku Capaian Kinerja Tahun 2023 merupakan bagian penting yang harus didiseminasi dan amplifikasikan kepada masyarakat.

Menurut dia, banyak sekali capaian kinerja pemerintah bersama rakyat yang telah dilakukan sehingga perlu disyukuri bersama.

"Capaian Itu tidak bisa kita nafikan begitu saja meskipun hari ini hiruk-pikuk politik mungkin akan menegasikan itu tapi kita semuanya tidak boleh mendelegitimasi karena itu capaian kita bersama, kinerja pemerintah dan rakyatnya," kata Teguh.
 
Pengunjung mengamati karya saat pameran fotografi Terus Bertumbuh dan Melaju di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (5/11/2023). Pameran fotografi yang digagas Galeri Foto Jurnalistik Antara karya pewarta foto Antara tersebut menampilkan visual pencapaian kinerja 2023 berlangsung hingga 14 November 2023. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nz (.)


Sementara itu, General Manager TWC Prambanan dan Ratu Boko I Gusti Putu Ngurah Sedana mengapresiasi pameran foto hasil kolaborasi Galeri Foto Jurnalistik Antara bersama Redaksi Foto Kantor Berita Antara itu.

Putu Ngurah menyebut pameran foto jurnalistik tersebut menjadi yang pertama digelar di kawasan Candi Prambanan.

"Pameran fotografi ini baru pertama kali dilaksanakan di Candi Prambanan sehingga kami harapkan memberikan pengalaman baru bagi pengunjung," kata dia.

Selain memberikan edukasi dan pengalaman baru, dia meyakini pameran foto tersebut mampu meningkatkan daya tarik luar biasa bagi wisatawan.

"Pengunjung kami akan mendapatkan pengalaman dan nilai edukasi yang dikemas dengan menarik yang mendekatkan wisatawan dengan karya seni fotografi yang berkualitas," ujar dia.

Baca juga: Ismar Patrizki: Pameran foto LKBN ANTARA hadirkan edukasi wisata
Baca juga: Pameran foto selayang Minang LKBN Antara digelar di Bukittinggi
Baca juga: Disbudparekraf: Pameran fotografi ANTARA tunjukkan keindahan Sumut
Baca juga: LKBN ANTARA gelar pameran foto jurnalistik 25 tahun Reformasi
Baca juga: LKBN ANTARA gelar pameran foto "Bangkit Menuju Endemi" di Blitar

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023