Jakarta (ANTARA) -
Turap pembatas dinding Taman Margasatwa Ragunan di Jalan Harsono RM, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, longsor akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut pada Minggu (5/11).
 
Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, menjelaskan, tingginya curah hujan saat itu membuat tanah menjadi labil.
 
"Kemarin, curah hujan cukup tinggi sekitar pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Tanah yang tadinya kering, terkena air membuat kontur tanah labil dan terjadi longsor," ujar Wahyudi Bambang.
 
Dia memastikan tak ada korban dalam insiden tersebut. Hal itu karena posisi tanah yang longsor berada di ujung parkiran roda dua, tepatnya di Pintu Utara Ragunan.
 
"Posisinya di ujung, jadi kebanyakan sepeda motor yang parkir berada di tengah," ujarnya.
 
Pengelola Taman Margasatwa Ragunan langsung merespons dengan cepat kejadian itu. Petugas langsung membersihkan area yang terkena longsor dan memasang garis pengaman untuk menjaga keselamatan pengunjung.

Baca juga: Antisipasi longsor, Pemkot Jaktim buat bronjong di beberapa lokasi
Baca juga: BPBD DKI antisipasi longsor di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur
 
Sementara parkiran yang terdampak longsor tidak dapat digunakan hingga proses perbaikan selesai.
 
Pada Senin siang, meskipun terdapat kerusakan pada turap pembatas, bagian tembok Taman Margasatwa Ragunan masih tetap kokoh.
 
Petugas Taman Margasatwa Ragunan telah melakukan pembersihan dan pemasangan garis polisi serta pembatas kerucut (cone barrier) sebagai tanda pengingat kepada pengendara untuk berhati-hati di area tersebut.
 
Kendati terjadi kerusakan, arus lalu lintas di Jalan Harsono RM tetap lancar mengingat jalur tersebut tidak begitu ramai dan mayoritas pengguna adalah pengendara roda dua.
 
Jalur tersebut menjadi salah satu alternatif bagi pengendara motor yang hendak melintas dari Jalan Harsono RM menuju Jalan Kebagusan Raya.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023