Yang jelas hari ini kita akan membahas keterlibatan kami, khususnya saya AD pada saat nanti pelaksanaan pemilu
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto menjelaskan akan membahas keterlibatan TNI Angkatan Darat (AD) pada pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPR RI, Jakarta, Selasa.
 
Selain Kasad, Raker Komisi I DPR RI tersebut juga digelar bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.
 
"Yang jelas hari ini kita akan membahas keterlibatan kami, khususnya saya AD pada saat nanti pelaksanaan pemilu," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.
 
Dia menyebut rapat juga akan membahas perihal peta daerah rawan dalam pemilu dan rencana kontingensi.
 
"Kami sudah mapping kerawanan-kerawanan yang kemungkinan simbol ya pada saat kita melaksanakan pemilu. Saya rasa masing-masing Kodam sudah membuat rencana kontingensi sehingga kami bisa mengklasifikasikan daerah mana yang rawan, daerah mana yang aman," katanya.
 
Termasuk, lanjut dia, terkait anggaran untuk perbantuan TNI AD dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024.
 
"Sehingga pelibatan AD nanti untuk perbantuan kepada Polri dan Pemda bisa saya siapkan," ucapnya.
 
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid pun menyampaikan ucapan selamat kepada Agus atas kehadirannya dalam rapat sebagai Kasad.
 
"Akhirnya ada kesempatan juga untuk hadir dalam Raker Komisi I sebagai Kasad. Jadi selamat Pak Agus atas amanah barunya," ucap Meutya yang memimpin jalannya rapat.
 
Dia juga menyinggung soal rencana pengangkatan Agus sebagai calon Panglima TNI yang harus terlebih dahulu mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang secara digelar Komisi I DPR.
 
"Dan nanti Insya Allah ada amanah baru berikutnya, kita masih menunggu nanti fit and proper test, tapi selamat Pak Kasad," ujar dia.
 
Meutya menjelaskan bahwa rapat tersebut digelar dengan agenda pembahasan kesiapan TNI dalam mendukung pengaman Pemilu 2024, dan rencana kontingensi dalam pengamanan Pemilu 2024 beserta dukungan anggaran.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023