Bagi mahasiswa yang membutuhkan untuk mempersiapkan pemberkasannya dan segera daftar sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Sosial akan kembali membuka pendaftaran bantuan sosial (bansos) biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi bagi masyarakat kurang mampu untuk usulan tahun 2024.

Kepala Dinas Sosial Kota (Dinsos) Kota Tangerang Mulyani di Tangerang, Selasa, mengatakan pendaftaran ini akan dibuka dengan kuota 300 mahasiswa yang diberikan sebesar Rp6 juta per mahasiswa untuk satu kali dalam satu tahun dan sifatnya tidak secara terus menerus.

Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 7 hingga 20 November 2023 melalui aplikasi Tangerang LIVE melalui layanan Kesra, menu Bansos Mahasiswa.

"Bagi mahasiswa yang membutuhkan untuk mempersiapkan pemberkasannya dan segera daftar sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku," ujarnya.

Secara ketentuan, kata dia, bansos tersebut untuk mahasiswa kurang mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan tidak sedang menerima bantuan biaya pendidikan dari pihak lain.

Baca juga: Dinsos Tangerang siapkan program bansos ke perguruan tinggi

Sedangkan untuk persyaratan antara lain terdaftar dalam DTKS, e-KTP Kota Tangerang, Kartu Keluarga, tanda bukti diterima di perguruan tinggi bagi mahasiswa baru.

Selain itu surat keterangan mahasiswa aktif bagi mahasiswa semester berjalan, transkrip nilai terakhir, surat pernyataan bermaterai tidak sedang menerima bantuan biaya pendidikan dari pihak lain, dan nomor rekening bank yang masih aktif.

Dengan adanya program ini, lanjutnya, Pemkot Tangerang berharap bantuan tersebut dapat memotivasi dan membantu biaya pendidikan bagi generasi muda yang ingin terus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kami berharap adik-adik yang mendapat kesempatan ini bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan menjadi orang-orang sukses yang mampu memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Mulyani.

Sebagai informasi, bansos biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi di Kota Tangerang sudah berjalan sejak tahun 2021 dan kini sudah memberikan bantuan kepada 565 mahasiswa di Kota Tangerang.

Baca juga: Pemkot Tangerang luncurkan bantuan modal usaha bagi 17.000 penerima

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023