Mudah-mudahan akan segera dibangun di Pasar Lama.
Serang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten berencana membangun sebuah destinasi wisata kuliner halal, aman, dan sehat di Pasar Lama, Kota Serang, agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
Wali Kota Serang Syafrudin, di Serang, Banten, Selasa, mengatakan Pemkot Serang bekerja sama dengan BI terkait program zona khas atau kuliner halal, aman, dan sehat yang rencananya akan dibangun di kawasan Pasar Lama atau Serang Plaza.
 
"Kami sudah melakukan rapat pembahasan terkait perkembangan zona khas itu. Mudah-mudahan akan segera dibangun di Pasar Lama," ujarnya, usai audiensi dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten.
 
Syafrudin mengatakan, penataan Pasar Lama menjadi pusat kuliner ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Serang. Selain itu, penataan ini juga bertujuan untuk menciptakan kawasan kuliner yang bersih, sehat, dan nyaman dengan menyajikan berbagai macam makanan tradisional.
 
"Tujuan pasar kuliner halal aman dan sehat ini tentu yang pertama ini terkait dengan penataan ruang di Kota Serang, yang kedua sesuai dengan perintah pimpinan, menciptakan kegiatan ekonomi baru yang ada di Kota Serang. Dan ini disandingkan dengan program yang ada di BI,” ujarnya.
 
Syafrudin juga berharap, dengan hadirnya KDEKS Banten ini juga bisa menambah dan memberikan kontribusi yang positif bagi Pemerintah Kota Serang.
 
"Mudah-mudahan dengan hadirnya KDEKS bisa menambah memberikan kontribusi yang positif dalam rangka memperlancar perekonomian di Kota Serang dan UMKM lebih maju serta meningkatkan pendapatan asil daerah (PAD) di Kota Serang," ujarnya lagi.
 
Ketua KDEKS Siti Ma'rifah Ma'ruf Amin menyampaikan, pembentukan KDEKS Provinsi Banten ini sangat penting sebagai daya dorong dalam ekonomi pembangunan, kemaslahatan, pemerintah dan kemasyarakatan di Banten terutama dalam arah kebijakan ekonomi dan keuangan yang berbasis syariah.
 
"Dengan bersama-sama semoga kegiatan dan inisiatif KDEKS ini, bisa menemukan formulasi yang tepat untuk bisa dilakukan di Pemkot Serang. Oleh karena itu nanti minta pandangan untuk pasar lama ini menjadi kawasan kuliner halal dan bisa menjadi icon Banten," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan, program BI ini sangat bagus karena semua fasilitas mulai dari tempat hingga pelatihan bagi para pelaku usaha, tinggal dikolaborasikan dan apa saja yang menjadi khas kuliner di Kota Serang.
 
"Kami menyambut baik dengan hadirnya program BI dan Pemkot Serang ini. Tempo hari dari BI ada rencana kuliner yang khas di kota Serang, dan mudah-mudahan bisa disinergikan dan dikoordinasikan," katanya lagi.
Baca juga: Festival Rujak Uleg mengembangkan kuliner tradisional Kota Probolinggo
Baca juga: Gubernur Riau meresmikan zona kuliner halal aman pertama di Sumatera

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023