Prioritas untuk Kota Serang misalkan untuk pembangunan jalan fly over Unyur, Kaligadu...
Serang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten memprioritaskan pembangunan fisik pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2025.
 
Pejabat (Pj) Wali Kota Serang Yedi Rahmat, di Serang, Selasa (26/3), mengatakan RKPD ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan untuk mengevaluasi serta merencanakan program-program yang ada di daerah, untuk mengedepankan beberapa program unggulan yang berdampak bagi masyarakat.
 
“RKPD ini setiap tahun rutin diselenggarakan, dan untuk tahun 2025 kami tekankan di dalam RKPD harus konsistensi dalam artian pola perencanaan dan penganggaran saling bersinergi," kata Yedi pula.
 
Ia juga menyampaikan bahwa dalam beberapa waktu ke depan terdapat beberapa program yang diprioritaskan dalam membangun Kota Serang, seperti halnya pembangunan fly over Unyur, Kaligandu, Kota Serang yang tidak bisa terselenggara di tahun 2024, agar bisa dilaksanakan di tahun 2025.
 
“Ke depan program-program prioritas untuk Kota Serang misalkan untuk pembangunan jalan fly over Unyur, Kaligandu bahwa wakprioritastu pelaksanaan yang tidak bisa dicapai di tahun 2024, karena sampai saat ini inpres belum ditandatangani," katanya lagi.
 
Yedi berharap fly over bisa dilaksanakan di tahun 2025 atau di dalam APBD tahun 2025 yang akan menjadi prioritas Pemkot Serang.
 
Selain itu, pembangunan jalan akan dilakukan di Jalan Samaun Bakri yang setiap hujan sering terjadi genangan, dari depan Pasar Rau hingga sekitaran Lingkungan Domba dikarenakan adanya penyempitan sempadan jalan, agar dianggarkan di APBD tahun 2025.
 
Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Kota Serang Lili Muslihat mengatakan bahwa di tahun 2025, Pemkot Serang sedang fokus dalam beberapa program prioritas pembangunan fisik.
 
“Program prioritas kami di antaranya seperti halnya peningkatan pelayanan publik, peningkatan SPM, pembangunan tematik seperti stunting, kemiskinan ekstrem, inflasi, investasi dan pengadaan menjadi prioritas, pengurangan tingkat pengangguran, pemenuhan layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, pengembangan dan penataan kawasan Banten Lama, penataan dan revitalisasi pasar dan UKM, Ketpang, konektivitas perhubungan dan penerangan jalan umum, pengelolaan persampahan, pengelolaan banjir, pengembangan pariwisata dan ekraf," katanya pula.
Baca juga: Pemkot Serang gandeng BPJS Ketenagakerjaan lindungi pekerja rentan
Baca juga: Pemkot Serang bongkar bangunan liar tempat hiburan malam

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024