Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat menjalin kerja sama dengan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Naskah Memorandum of Understanding (MoU) ini tentunya menjadi payung hukum yang sah dalam penyelenggaraan kegiatan bersama," kata Rektor Unand Prof Yuliandri di Padang, Rabu.

Prof Yuliandri mengatakan kerja sama tersebut sejalan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang harus dicapai perguruan tinggi. Oleh karena itu, Unand terus menjalin kolaborasi dengan berbagai unsur, termasuk dengan dunia usaha dan dunia industri.

Baca juga: Panglima ingin Sesko TNI jadi satuan pendidikan setingkat War College

Lewat kerja sama itu, perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa tersebut akan membantu menunjang pendidikan perwira yang bertugas di Kota Padang, salah satunya untuk melanjutkan studi ke kampus itu.

"Saat ini Universitas Andalas memiliki program bagi personel TNI dan Polri untuk melakukan rekognisi pembelajaran lampau yang disesuaikan dengan jabatan," ujar dia.

Sementara itu, Asisten Staf Operasi (Asops) Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Rapy Tadung mengatakan Sesko TNI merupakan lembaga pendidikan tertinggi TNI yang bertujuan menyiapkan perwira menengah, sebagai kader-kader pemimpin TNI pada level strategis.

Baca juga: Panglima puji Dansesko TNI karena ubah kurikulum jadi lebih efisien

Baca juga: Unand-Maybank buka peluang kerja sama pengembangan ekonomi syariah 


"Sesko TNI dituntut secara akademik untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mutu lembaga pendidikan agar mampu memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa dan negara," kata dia.

Melalui kerja sama tersebut, akan ada berbagai kegiatan yang dilakukan, di antaranya penyelenggaraan pendidikan dan latihan, penelitian ilmiah, seminar, lokakarya, pengabdian kepada masyarakat, pengkajian, dan konsultasi.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023