Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan untuk kategori nilai transaksi Produk Dalam Negeri (PDN) terbesar di tingkat provinsi pada Anugerah Pengadaan 2023.
 
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo di Jakarta, Rabu, mengatakan, capaian DKI Jakarta terus meningkat hingga akhir tahun sebagai bentuk komitmen mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga mendapatkan penghargaan untuk kategori nilai transaksi belanja produk Usaha Menengah dan Kecil (UMK) terbesar di tingkat provinsi. Penyerahan penghargaan diselenggarakan di Jakarta Selatan pada Selasa (7/11).
 
"Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui berbagai program dan kerja sama maupun sinergi dengan berbagai pihak," kata Ratu.

Baca juga: DKI jadikan "Business Matching" sebagai sarana perkenalkan produk UMKM
 
Ratu yang juga Ketua Harian Tim Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Provinsi DKI Jakarta menyebutkan,
penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas komitmen belanja PDN dalam RAPBD DKI Jakarta 2023 kepada Kementerian Dalam Negeri pada 2022 sebesar Rp15,85 triliun.

Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan realisasi pelaksanaan PDN mencapai Rp13,1 triliun pada 2023 atau 82,6 persen dari komitmen belanja PDN dalam RAPBD 2023.
 
Tak hanya itu, DKI Jakarta juga terus mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) untuk membelanjakan produk bersertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui e-Katalog dan e-Order dengan nilai transaksi e-Order mencapai Rp235,5 miliar.
 
Lalu mencantumkan penggunaan PDN dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan kontrak. Selain itu, peningkatan produk dalam negeri ini sebagaimana arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Jakarta yang akan bertransformasi menjadi kota global dan wadah perkembangan ekonomi nasional.

Baca juga: UMKM DKI perkenalkan produk lokal lewat pameran di Jerman hingga Tokyo
 
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop-UKM) Teten Masduki mengimbau, seluruh pihak khususnya pemerintah daerah untuk memajukan pengadaan barang dan jasa secara optimal.
 
"Kami ingin produk UMKM itu dibeli dan kualitasnya juga ditingkatkan agar lebih sejalan pengadaan barang dan jasa dapat dipenuhi oleh UMKM," kata Teten.
 
Karena itu, Pemprov DKI Jakarta diharapkan terus meningkatkan dan mengajak masyarakat untuk bangga menggunakan produk dalam negeri melalui berbagai program dan kegiatan.
 
Salah satunya, yaitu terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ( Gernas BBI) yang puncaknya diselenggarakan pada "Harvesting Ceremony" dalam waktu dekat.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023