Bantuan diberikan bukan hanya untuk pembangunan rumah ibadah baru tetapi rehab maupun pengadaan fasilitas pendukung masjid atau mushala seperti sajadah, ambal, dan lainnya
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong Provinsi Bengkulu sedang mengurus proses penyaluran bantuan hibah untuk 84 rumah ibadah yang ada di daerah itu dengan jumlah anggaran yang disiapkan lebih dari Rp3 miliar.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusuma di Rejang Lebong Rabu mengatakan, bantuan rumah ibadah tersebut untuk pekerjaan rehabilitasi masjid atau mushala yang tersebar di 156 desa/kelurahan di Rejang Lebong.

"Saat ini bantuan hibah untuk rumah ibadah di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2023 masih dalam proses pencairan, setelah sebelumnya dilakukan survei dan verifikasi lapangan," katanya.

Dia menjelaskan, program bantuan hibah tahun 2023 ini akan diberikan untuk rumah ibadah umat Muslim baik berupa masjid atau mushala, di mana yang sudah mengajukannya ada sebanyak 80 rumah ibadah.

Besaran bantuan hibah untuk rumah ibadah ini, katanya, diberikan bervariasi mulai dari Rp15 juta hingga Rp35 juta, tergantung dengan jenis kegiatan sesuai dengan proposal yang diajukan ke pemda setempat.

Menurut dia, program bantuan rumah ibadah dari Pemkab Rejang Lebong itu sendiri diberikan untuk pembangunan rumah ibadah baru, kemudian rehab atau penambahan sarana prasarana pendukung rumah ibadah.

"Bantuan diberikan bukan hanya untuk pembangunan rumah ibadah baru tetapi rehab maupun pengadaan fasilitas pendukung masjid atau mushala seperti sajadah, ambal, dan lainnya," kata Herwin.

Pihaknya menargetkan sampai dengan akhir tahun nanti anggaran yang disiapkan ini sudah terserap semuanya atau 100 persen, sehingga rumah ibadah yang membutuhkannya nanti bisa mendapatkan.

Program bantuan hibah untuk rumah ibadah oleh Pemkab Rejang Lebong tahun 2023 dengan jumlah keseluruhan Rp3,005 miliar itu, kata Herwin Wijaya Kusuma baru diberikan untuk rumah ibadah muslim, sedangkan untuk bantuan rumah ibadah agama lain belum ada yang mengajukannya.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023