Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan farmasi PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menguatkan komitmennya untuk menyediakan akses layanan kesehatan dengan mendukung kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membangun Negeri.

Dukungan tersebut diberikan Kalbe melalui donasi berupa produk obat, vitamin dan nutrisi dengan nilai mencapai 84 juta Rupiah. Produk yang diberikan Kalbe nantinya akan mendukung program kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis serta edukasi kesehatan yang dilaksanakan mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan pada skema kesehatan.

“Kita akan memberikan fasilitas bantuan kesehatan dengan pemeriksaan mata, pemeriksaan kesehatan umum dan lain sebagainya dengan teman-teman dari jurusan kedokteran dari berbagai perguruan tinggi yang ada,” jelas Ketua Pelaksana KKN Tematik Merajut Negeri Simon Gultom, AMTRU, S.E., M.M dalam keterangan keterangan yang diterima, Jumat.

Momen persiapan teknis program KKN ini diadakan di Aula Ki Hajar Dewantara, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 3 di Lumajang, Jawa Timur pada Rabu (8/11).

Baca juga: Anemia pada ibu hamil dapat pengaruhi kecerdasan anak yang dilahirkan

Baca juga: Kalbe bagikan vitamin bagi masyarakat Jawa Tengah


Kegiatan KKN Tematik Membangun Negeri merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Relawan LLDIKTI Wilayah 3 (REDI) yang diikuti oleh perguruan tinggi swasta LLDIKTI Wilayah 3.

Lebih lanjut, Kegiatan KKN terbagi atas empat skema kegiatan diantaranya kesehatan, pendidikan, pelatihan dan ekonomi kreatif, yang dilaksanakan pada 12 – 24 November 2023.

Sementara itu, Kalbe Corporate Sustainability Assistant Manager SFD Arie Wibowo mengatakan bahwa dukungan Kalbe pada kegiatan KKN Tematik Membangun Negeri menjadi wujud penyediaan akses layanan kepada berbagai lapisan masyarakat, khususnya penyintas bencana.

“Dalam kesempatan ini, Kalbe Kembali memberikan akses kesehatan kepada masyarakat Lumajang yang sempat tertimpa musibah, harapannya dapat membangkitkan kembali semangat masyarakat penyintas bencana melalui penyediaan kesehatan. Sejalan dengan komitmen keberlanjutan Kalbe Bersama Sehatkan Bangsa, Kalbe juga menyediakan akses Kesehatan melalui sinergi, salah satunya dalam kegiatan KKN ini,” ucap Arie.

Terdapat beberapa penyakit yang menjadi sasaran pelaksana KKN Tematik Merajut Negeri, seperti darah tinggi, tengkes (stunting), serta berbagai penyakit lainnya. Hasil identifikasi penyakit ini menjadi dasar dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan dan edukasi yang dilakukan oleh pelaksana KKN guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Baca juga: Mengenal hingga mencegah penyakit dehidrasi dan radang tenggorokan

Dalam kesempatan yang sama, Simon juga mengapresiasi pemberian produk Kalbe dalam menyukseskan program KKN Tematik Membangun Negeri.

“Kalbe luar biasa dengan bantuan yang cukup signifikan, kami akan memberikan kepada masyarakat serta ini menjadi amanah sebagai pelaksana kegiatan KKN,” tambah Simon.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LLDIKTI Wilayah 3 Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc mengungkapkan terima kasih kepada Kalbe atas dukungan terhadap program KKN Tematik Membangun Negeri.

“Kalbe menjadi best practices bagi perusahaan lain yang terlibat dalam KKN ini,” jelas Prof Toni.

Program KKN, di mata Prof Toni, juga menjadi sinergi dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membangun masyarakat.

“Pemilihan lokasi (di Lumajang) ini sangat tepat, karena dapat melibatkan berbagai disiplin ilmu. Sesuai dengan tujuan KKN Tematik, yang sejalan dengan definisi membangun negeri, dalam hal ini Lumajang yang baru saja dilanda bencana,” pungkas Prof Toni.

Baca juga: BPOM beri izin edar obat anemia untuk pasien ginjal kronis dari Kalbe

Baca juga: Upaya Kalbe dukung masyarakat bebas rabies

Baca juga: Ahli: Pengobatan genomik dan sel punca bisa bantu kesembuhan pasien

 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023