Tak mudah memang, tapi pasti bisa, karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor menyampaikan peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk meningkatkan semangat Bangsa Indonesia menghadapi berbagai tantangan ke depan.

Afriansyah dalam upacara peringatan ke-78 Hari Pahlawan di Jakarta, Jumat, mengatakan melimpahnya sumber daya alam berupa tanah yang subur, hasil laut melimpah, serta kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral, merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi generasi muda.

"Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara," kata Wamenaker Afriyansah Noor dalam peringatan Hari Pahlawan ke-78 bertema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Menurutnya, ancaman sekaligus tantangan tersebut dapat ditaklukkan dengan berbekal semangat, seperti yang dicontohkan oleh para pejuang 10 November 1945.

"Tak mudah memang, tapi pasti bisa, karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan," kata Wamenaker.

Baca juga: Pahlawan, sejarah, dan keteladanan

Afriansyah menambahkan semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa pada tahun 1945 membawa bangsa Indonesia menolak kalah dan menyerah pada keadaan, serta mengajarkan agar bukan menjadi bangsa pecundang.

"Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora," ujarnya.

Ia menyampaikan pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri. Bersama, ajaknya, membangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.

"Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita," ujar Wamenaker Afriansyah Noor.

Baca juga: Presiden: Canangkan tekad isi kemerdekaan dengan perangi kemiskinan
Baca juga: Puan: Hari Pahlawan momentum perjuangan kesejahteraan Indonesia

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023