Acara dan pemeriksaan ini semuanya terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menggelar Ayo Sehat Fest dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 sebagai salah satu upaya memperkuat aktivitas promotif dan preventif kesehatan untuk menciptakan lebih banyak masyarakat yang sehat.
.
Ayo Sehat Fest digelar dengan pendekatan siklus hidup manusia yang dimulai dari ibu hamil dan ibu menyusui, bayi dan balita, anak, remaja, usia dewasa, dan lanjut usia.

"Inilah yang mendasari Ayo Sehat Fest, supaya setiap orang Indonesia dapat melalui tiap tahap kehidupannya dengan sehat," kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Maria Endang Sumiwi dalam taklimat media terkait Ayo Sehat Fest yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Endang menyebutkan terdapat sejumlah zona kegiatan yang mewakili setiap fase kehidupan manusia tersebut dalam Ayo Sehat Fest. Setiap zona tersebut memiliki kegiatan tersendiri yang sesuai dengan fase kehidupannya.

Baca juga: Jelang HKN, Menkes paparkan sejumlah capaian transformasi kesehatan

Contohnya, kata Endang, pada zona ibu hamil dan menyusui, terdapat sejumlah kegiatan yang berkaitan seperti pemeriksaan kehamilan dan pemeriksaan menggunakan alat Ultrasonografi (USG). Selain itu terdapat pula zona kebugaran yang mengadakan berbagai kelas kebugaran selama acara berlangsung.

Kemudian, beberapa kegiatan lain seperti 5.9K Healthies Fun Run, Jambore Kader Posyandu, serta sejumlah gelar wicara terkait kesehatan turut dihadirkan dalam gelaran yang berlangsung di Stadion Akuatik, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta pada 11-12 November tersebut.

"Acara dan pemeriksaan ini semuanya terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun," kata Endang.

Baca juga: Kemenkes intensifkan promotif-preventif program transformasi primer

Endang melanjutkan acara ini juga bermaksud untuk mempererat hubungan antara Kemenkes dengan sejumlah mitra kesehatan yang selama ini turut berjuang dalam mewujudkan transformasi kesehatan di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Ayo Sehat Fest dapat diakses di akun instagram @ayosehat.kemkes dan tautan https://ayosehat.kemkes.go.id/kampanye-prioritas/ayo-sehat-fest-2023.

"Jadi mari kita hidup sehat dan rajin periksakan diri melalui skrining sejak dini, supaya kita bisa mengatasi masalah sebelum menjadi berat. Kalau dewasa, periksa tekanan dan gula darah secara teratur, dan itu bisa kita laksanakan pada acara besok," tutur Maria Endang Sumiwi.

Baca juga: Kemenkes layani skrining kanker gratis bagi usia di atas 15 tahun
Baca juga: Menkes: USG di Puskesmas bisa deteksi kanker payudara dan kanker hati


 

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023