Pertumbuhan terjadi pada sebagian besar lapangan usaha....
Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat ekonomi Riau triwulan III-2023 mengalami pertumbuhan sebesar 3,44 persen dibanding triwulan II-2023 (q-to-q).

"Pertumbuhan terjadi pada sebagian besar lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan signifikan adalah konstruksi sebesar 11,04 persen dan pengadaan listrik dan gas sebesar 10,93 persen," kata Kepala BPS Riau Asep Riyadi dalam keterangannya, di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Asep, penyumbang pertumbuhan ekonomi Riau yang signifikan lain yakni sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan tumbuh sebesar 9,27 persen, jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 8,97 persen.

Pertumbuhan yang sama juga sejalan dengan lapangan usaha yang memiliki peran dominan, yaitu industri pengolahan yang juga tumbuh sebesar 3,92 persen pada triwulan III tahun 2023.

"Namun demikian pada triwulan III-2023 tercatat struktur PDRB Riau menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku masih didominasi oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 26,60 persen, diikuti oleh industri pengolahan sebesar 26,45 persen, pertambangan dan penggalian sebesar 20,68 persen," katanya pula.

Sementara itu lapangan usaha di sektor konstruksi tercatat sebesar 10,23 persen dan perdagangan besar dan eceran serta reparasi mobil dan sepeda motor tercatat sebesar 9,69 persen.

"Peranan kelima lapangan usaha tersebut dalam perekonomian Riau mencapai 93,64 persen pada triwulan yang sama," demikian Asep.
Baca juga: Pemprov Riau berupaya menjaga pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Ekonomi Riau tumbuh 4,8 persen pada triwulan II tahun 2023

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023