Surabaya (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya menyatakan Taman Makam Pahlawan (TMP) di Kota Pahlawan, Jawa Timur, perlu diberdayakan agar menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang dikunjungi masyarakat.

"Pemkot bisa menggandeng pegiat sejarah untuk memberdayakan TMP jadi lebih diminati sebagai destinasi wisata," kata Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony di Surabaya, Minggu.

Ia menilai selama ini TMP di Jalan Ngagel, TMP Jalan Kusuma Bangsa, dan TMP Jalan Mayjen Sungkono Surabaya hanya dipakai untuk upacara peringatan HUT RI maupun Hari Pahlawan. Sedangkan untuk wisata sejarah belum dilakukan oleh pemerintah kota setempat secara maksimal.

Baca juga: Surabaya benahi makam pahlawan menjelang Hari Pahlawan

"Jadi, revitalisasi makam tidak sekadar menjadi tempat pemakaman dan kegiatan-kegiatan seremonial saja, melainkan juga ada wisata sejarahnya," kata legislator Partai Gerindra ini.

Menurutnya, untuk memantik ketertarikan wisatawan menjadikan TMP sebagai pilihan destinasi, perlu acara rutin, ada program yang bisa dibuat untuk mendatangkan masyarakat, terutama dari kalangan siswa maupun mahasiswa.

Adapun program yang dimaksud, tidak hanya sekadar acara seremonial ziarah, tapi mengulas pahlawan-pahlawan yang dimakamkan di sana sekaligus perjuangannya semasa hidup untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Thony mengatakan edukasi tentang sejarah perjuangan para pahlawan tersebut penting diketahui wisatawan maupun pelajar yang berkunjung. Tentunya hal itu menjadi daya tarik tersendiri di kalangan anak muda.

Baca juga: Wali Kota Eri ziarah ke sejumlah Makam Pahlawan Surabaya

Program itu, lanjut dia, tidak melulu harus dilakukan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, melainkan bisa dilakukan elemen masyarakat lainnya, termasuk pegiat sejarah.

"Jadi, tidak Disbudpar saja, para pegiat sejarah bisa kerja sama dengan dinas untuk membuka kegiatan itu," ujarnya.
 
Petugas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan mengecat kembali nisan-nisan di Taman Makam Pahlawan Kota Surabaya belum lama ini. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)


Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad sebelumnya mengatakan pihaknya telah membenahi Taman Makam Pahlawan Sepuluh Nopember serta beberapa makam pahlawan nasional menjelang peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2023.

"Kami lagi melakukan pembenahan TMP 10 Nopember, Makam Pahlawan Bung Tomo, Makam Pahlawan WR Supratman dan Makam Dr Soetomo," katanya.

Menurut dia, pembenahan taman makam pahlawan dan makam-makam pahlawan nasional mencakup pengecatan kembali tembok, pagar, dan nisan serta perbaikan pagar pembatas bangunan yang telah rusak.

Baca juga: Pemkot gelar Parade Surabaya Juang 2023 peringati Hari Pahlawan

Baca juga: Menggali nilai-nilai dari Parade Juang Hari Pahlawan di Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023