Jakarta (ANTARA News) - The La Tofi School of CSR kembali menyelenggarakan Indonesia Green Awards (IGA) guna memberikan penghargaan lingkungan melalui sembilan kategori yaitu Perusahaan, Pemerintah Daerah, BUMN, Perguruan Tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat dan TNI.

La Tofi, pimpinan The La Tofi School of CSR melalui siaran persnya di Jakarta, Selasa mengatakan bahwa IGA 2013 memberikan penghargaan pada perusahaan-perusahaan yang fokus pada pelestarian lingkungan.

IGA 2013 yang diinisiasi oleh The La Tofi School of CSR merupakan penghargaan yang diberikan kepada para pihak yang mengupayakan pelestarian lingkungan, termasuk perusahaan yang melaksanakan tanggung jawab sosial dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau.

Tahun ini merupakan tahun keempat IGA diadakan. Asia Pulp and Paper (APP) melalui beberapa anak usahanya menjadi salah satu perusahaan dengan penghargaan terbanyak di bidang pelestarian lingkungan.

Enam penghargaan Indonesia IGA 2013 tersebut untuk kategori Pelestari sumber daya air dan pelopor pengolahan sampah serta pelipor pencegahan polusi.

Direktur Corporate Affairs and Communications APP, Suhendra Wiriadinata mengatakan anak perusahaan APP yang memperoleh penghargaan Pada acara IGA 2013 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR adalah PT Indah Kiat Pulp and Paper, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia dan PT Ekamas Fortuna.

PT Indah Kiat Pulp and Paper mendapat penghargaan kategori Pelestari Sumber Daya Air atas partisipasinya dalam meningkatkan proses pengelolaan air dalam kegiatan operasionalnya serta menggerakkan program-program yang membantu menyelesaikan masalah air di masyarakat sekitar wilayah operasionalnya.

Perusahaan APP lainnya, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk mendapatkan penghargaan kategori Pelopor Pengolahan Sampah melalui program pemanfaatan kawat dan drum bekas, bekerja sama dengan UKM Logam Asir di kota Tulungagung, yang menjadikan barang-barang bekas berbahan dasar kawat dan kemudian diubah menjadi komoditi yang nilai ekonomisnya lebih tinggi.

Adapun PT Ekamas Fortuna juga mendapat penghargaan Pelopor Pengolahan Sampah melalui program pemanfaatan limbah abu sisa pembakaran batubara sebagai bahan campuran batako dan paving block.

"Kami bersyukur, APP menerima enam penghargaan dari tiga kategori ini, sebagai bukti nyata dari komitmen APP yang selalu menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.
(W004/E001)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013