Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia senior telah tiba di Irak untuk menghadapi negara peringkat 68 dunia itu pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia babak kedua yang dimainkan di Stadion Internasional Basra, Basra, Irak, Kamis (16/11) pukul 21.45 WIB.

Melansir dari Instagram resmi salah satu pemain timnas Indonesia, Marc Klok, tim Garuda telah tiba di Bandar Udara Basra Irak pada Minggu, setelah sebelumnya pada Sabtu (11/11) malam bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat Fly Emirates.

Rombongan pertama timnas Indonesia yang berangkat dari Jakarta terdiri dari 14 pemain yang berisi pemain-pemain yang telah merampungkan laga bersama klubnya di Liga 1 2023/2024.

Nantinya, dua pemain yaitu Nadeo Argawinata dan Adam Alis akan menyusul setelah menyelesaikan laga pekan ke-19 Liga 1 2023/2024 pada Minggu, bersama timnya Borneo FC.

Sementara itu, pemain-pemain yang bermain di Eropa dan Asia seperti Jordi Amat (Johor Darul Tazim FC), Elkan Baggott (Ipswich Town), Sandy Walsh (KV Mechelen), hingga Shayne Pattynama (Viking FK) akan langsung bergabung ke Irak dari negara tempat mereka bermain.

"Perjalanan kami cukup panjang dan jauh, kondisi pemain baik-baik saja, saat ini tidak semua pemain kumpul, jadi secara detail (bagaimana kondisi semua pemain) saya belum dapat mengatakannya. Dari Jakarta saya membawa 14 pemain, jadi nanti ada tiga hari ke depan, sisanya akan datang di tiga hari itu," kata pelatih Shin Tae-yong, seperti dilansir laman resmi PSSI, Minggu.

“Akibat jadwal liga yang berbeda, kami tidak semuanya bisa berangkat bersama-sama. Namun, kita bersyukur karena bisa berangkat lebih awal," sambungnya.

Dikabarkan, dua pemain panggilan Shin Tae-yong yaitu Andy Setyo (Persikabo 1973) dan Yakob Sayuri (PSM Makassar) tidak di bawa ke Irak. Andy tidak dibawa karena cedera dan Yakob karena akan menikah dalam waktu dekat.

Setibanya di Irak, timnas Indonesia langsung menggelar latihan pada sore hari waktu setempat.

Nantinya, rampung dari Irak, Indonesia akan terbang ke Filipina untuk menghadapi negara yang sering ditemui di Piala AFF tersebut pada laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia babak kedua di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (21/11) pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Erick Thohir: Indonesia siap tempur lawan Irak, Vietnam, dan Filipina
Baca juga: Indonesia naik ke peringkat 145 dunia usai taklukkan Brunei dua leg


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023