ada sekitar setengah hektare lahan yang hangus terbakar
Baturaja (ANTARA) - Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di lahan kosong wilayah Kelurahan Sekarjaya.

"Peristiwa karhutla terjadi sore tadi sekitar pukul 17.30 WIB," kata Manager Pusdalops BPBD OKU Gunalfi di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, dugaan sementara api berasal dari puntung rokok yang dibuang warga sembarangan di lahan kering yang mudah terbakar hingga memicu kobaran api.

Beruntung, berkat kesigapan petugas di lapangan api cepat dipadamkan hingga tidak menyebar luas ke pemukiman warga di sekitar lokasi.

"Setelah berjibaku sekitar satu jam akhirnya api berhasil dipadamkan. Saat ini masih dalam proses pendinginan," katanya.

Baca juga: BPBD OKU Timur catat 32 kasus karhutla terjadi selama kemarau
Baca juga: KLHK tingkatkan patroli untuk cegah karhutla di Tol Trans Sumatera


Dalam melakukan pemadaman, Tim Satgas Karhutla Kabupaten OKU mengerahkan satu unit mobil tangki air untuk memadamkan kobaran api di tempat kejadian perkara.

"Ada sekitar setengah hektare lahan yang hangus terbakar, namun tidak sampai menimbulkan dampak kabut asap," tegasnya.

Menurut dia, peristiwa karhutla di daerah tersebut saat ini jauh berkurang sejak Kabupaten OKU diguyur hujan hingga banyak titik api yang padam.

Berdasarkan data, hujan deras yang terjadi pada pertengahan Oktober 2023 telah memadamkan sebanyak 110 titik api karhutla yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah itu.

"Mudah-mudahan hujan kembali mengguyur Kabupaten OKU agar daerah kita ini benar-benar bebas dari karhutla," harapnya.

Baca juga: Karhutla menghanguskan 10 hektare lahan di OKU Sumatera Selatan
Baca juga: BPBD OKU terjunkan tiga mobil tangki air padamkan karhutla
Baca juga: Polisi dalami 13 kasus terduga pelaku karhutla di Ogan Komering Ilir

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023