Jakarta (ANTARA) - Citibank, N.A., Indonesia (Citi Indonesia) berkomitmen terus mendukung percepatan inklusi keuangan melalui kemitraan dengan PT Bibit Tumbuh Bersama yang mengembangkan aplikasi investasi digital Bibit.id.

"Kami melanjutkan kemitraan strategis dengan Bibit.id sebagai bagian dari komitmen kami mendukung upaya percepatan agenda inklusi keuangan Pemerintah Indonesia," kata Direktur Utama Citi Indonesia Batara Sianturi dalam konferensi pers "Economic Outlook & Pemaparan Kinerja Keuangan Citi Indonesia Kuartal III-2023" di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, Citi Indonesia melalui lini bisnis markets and trading bersama Bibit berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat di pasar modal.

Melalui kerja sama kemitraan yang dimulai sejak Juli 2023, kata dia, disediakan produk investasi berkualitas kepada seluruh investor ritel dan institusi.

"Jadi Bibit-nya di depan, belakangnya adalah Citi Indonesia," katanya.

Batara mengatakan, pihaknya juga menjajaki kemitraan seperti itu dengan platform atau penyelenggara lain untuk bisa bekerja sama meningkatkan inklusi keuangan.

"Bisa saja kami kerja sama juga dengan platform lain atau juga bersama Bibit dalam hal inovasi pelayanan," katanya.

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, naik dibanding 2019 yang hanya 38,03 persen. Sementara indeks inklusi keuangan pada 2022 mencapai 85,1 persen meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya pada 2019 yaitu 76,19 persen.
 
Hal tersebut menunjukkan gap antara tingkat literasi dan tingkat inklusi semakin menurun, dari 38,16 persen pada 2019 menjadi 35,42 persen pada 2022.

Baca juga: Citi Indonesia alihkan nasabah kartu kredit ke UOB pada 18 November
Baca juga: Citi Indonesia bukukan laba bersih Rp1,7 triliun pada kuartal III
Baca juga: Kebijakan DHE dianggap dapat mengurangi tekanan nilai tukar rupiah

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023