Palembang (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia mengoptimalkan lahan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) seluas 128 ribu hektare.

"Kami berencana untuk mengoptimasi lahan di Sumsel seluas 128 ribu hektare," kata Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat diwawancarai, di Palembang, Senin.

Mentan menjelaskan apabila upaya tersebut berhasil, maka dapat menekan angka impor beras pada tahun berikutnya. Sebab, 100 ribu lahan itu digarap dan dua kali panen, maka dapat menghasilkan 1 juta ton gabah.

“Karena kalau 100 ribu lahan dikali dua panen, itu sama dengan 1 juta induk gabah, dengan menghasilkan 500 ribu ton beras dan itu baru satu provinsi. Rencana optimasi lahan ini tidak hanya di Sumsel, tetapi juga 10 provinsi di seluruh Indonesia,” katanya lagi.

Menurut dia, potensi lahan di Sumsel mencapai 400 ribu hektare dan indeks pertanaman (IP) dengan menghasilkan 1,1 juta ton gabah. Apabila, seluruh lahan itu digarap maka bisa menghasilkan 2 juta ton gabah, maka dapat memproduksi beras sebanyak 1 juta ton beras.

“Artinya potensi produksi menjadi 4 juta ton beras lebih di Sumsel, dan bisa masuk peringkat tiga besar nantinya dalam memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia dan anggarannya telah kami siapkan,” ujarnya.

Terkait dengan anggaran, katanya lagi, jumlah anggaran yang diperkirakan untuk mengoptimalkan lahan di Sumsel itu mencapai senilai Rp700 miliar termasuk dengan peralatannya.

“Anggaran yang diperkirakan untuk mengoptimasi lahan sebesar 128 ribu hektare itu mencapai Rp500 miliar, namun apabila ditambah dengan peralatan mungkin tembus Rp700 miliar,” katanya lagi.

Ia mengatakan pula, upaya tersebut telah dilakukan oleh Sumsel pada tahun-tahun sebelumnya. Pada periode pertama Sumsel, telah mengubah rawa menjadi lahan produktif seluas 68 ribu hektare.

“Sumsel sudah ada pengalaman dan berhasil, dan produksinya besar di atas rata-rata nasional sebesar 5,4 ton per hektare. Dengan begitu kebutuhan pangan di Indonesia aman ke depannya,” kata Mentan pula.
Baca juga: Wagub Sumsel ajak masyarakat sukseskan program mandiri pangan
Baca juga: Sumsel tingkatkan ekstensifikasi wujudkan produksi 2,9 juta ton GKG

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023