Jakarta (ANTARA) - Lembaga pendidikan bahasa EF Kids & Teens menggelar program pelatihan bahasa Inggris untuk guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Magelang, tepatnya di kawasan wisata Borobudur sebagai salah satu wilayah Daerah Pariwisata Super Prioritas.

“Kami juga berharap program pelatihan bahasa Inggris ini mampu meningkatkan kompetensi dan daya saing bagi guru/tenaga pendidik, sehingga nantinya bisa mendorong terciptanya generasi muda bangsa yang berkualitas,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein, melalui keterangan persnya, Selasa.

Setelah sukses melaksanakan pembukaan pelatihan bahasa Inggris di lima kabupaten di Indonesia, yaitu Lombok Tengah, Samosir, Kepulauan Seribu, Probolinggo dan Manggarai Barat, EF Kids & Teens bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang melaksanakan program pelatihan bahasa Inggris yang diikuti oleh puluhan guru SD dan SMP yang berasal dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: EF Kids & Teens beri pelatihan guru bahasa Inggris di Labuan Bajo

Dalam program pelatihan bahasa Inggris ini, EF Kids & Teens membagikan metode fun learning kreatif dan efektif bagi tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Inggris ke siswa dan siswi peserta didik.

Program pelatihan ini terdiri atas workshop tatap muka langsung dan workshop daring yang diadakan sebanyak 4 kali secara intensif. Terdapat banyak modul pembelajaran yang dapat dipraktikkan oleh para tenaga pendidik yang mudah diaplikasikan dalam proses belajar mengajar. 

“Progam pelatihan ini juga bukan yang pertama kali kami lakukan, sebelumnya kami telah melakukan program pelatihan bagi tenaga pendidik PAUD. Selain itu, EF juga telah menyelenggarakan program dukungan untuk Pengajar Muda #TeacherforTheFuture ke berbagai daerah pelosok Indonesia,” kata Country Director EF Kids & Teens Indonesia Suryadi Afan.

Baca juga: EF Kids and Teens dorong potensi SDM melalui pendidikan

Tahun ini, EF Kids & Teens berfokus pada pengembangan tenaga pendidik SD dan SMP di wilayah program Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) serta destinati wisata lainnya di Indonesia. Sebelumnya, EF telah melaksanakan pelatihan bahasa Inggris di 5 kabupaten dengan total peserta guru lebih dari 300 orang di tingkat SD dan SMP.

Sebagai bentuk dukungan atas peningkatan wisata di kawasan Borobudur, EF Kids & Teens Indonesia menunjukkan komitmen dengan membantu peningkatan kemampuan berbahasa Inggris di area wisata Borobudur.

“Kami mengapresiasi antusias dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang serta 24 guru dari tingkat SD dan 25 guru dari tingkat SMP di Kabupaten Magelang dalam pelaksanaan Program Pelatihan Bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh EF Kids & Teens Indonesia,” kata Director of Corporate Affairs EF Kids & Teens Indonesia Juli Simatupang.

Baca juga: EF Kids and Teens dukung pariwisata lewat pelatihan Bahasa Inggris

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023