Batam (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi menyebutkan pasien positif cacar monyet atau mpox di Batam berangsur membaik.
 
"Jadi sudah diobati dan sudah mulai membaik. Cacar yang ada di pasien saat ini sudah mulai mengering, dibandingkan pada saat pertama kali diketahui sekitar sepekan lalu, cacarnya masih basah dan mengeluarkan cairan seperti nanah," ujar Didi saat dihubungi di Batam Kepulauan Riau, Selasa.
 
Ia menyebutkan, diketahui satu kasus positif cacar monyet di Batam dari laporan puskesmas setempat yang melaporkan bahwa ada pasien yang mengalami gejala mirip dengan gejala cacar monyet.
 
"Setelah ada laporan itu, kemudian BTKL (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan) Batam mengambil sampel pasien dan mengirimkan ke Badan Litbangkes (Penelitian dan Pengembangan Kesehatan) Jakarta. Hasilnya sudah keluar dan terkonfirmasi positif," kata dia.

Baca juga: Pemkot Batam siapkan dua rumah sakit rujukan cacar monyet

Baca juga: 11 kasus cacar monyet di Singapura, KKP Batam tingkatkan pengawasan
 
Pasien di Batam itu masih berumur 23 tahun. Biasanya kasus cacar monyet ini dibarengi dengan kasus HIV, namun untuk kasus di Batam tidak ada.
 
"Kalau melihat tren di Jakarta, itu dikarenakan hasil hubungan badan. Artinya, di sana itu banyak terjadi karena hubungan seks baik sesama jenis dan tidak sesama jenis serta mereka juga banyak yang positif HIV. Untuk kasus yang di Batam setelah kami telusuri, HIV-nya negatif," katanya.
 
Saat ini, kata Didi, pasien sudah berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah dan diletakkan di ruang isolasi guna menjalani perawatan lanjutan.
 
"Untuk perawatannya sendiri, karena dia menular lewat kontak fisik, jadi kami masukkan ke ruang isolasi," ujarnya.
 
Pihaknya juga masih mencari tahu dari mana pasien itu tertular dan apakah ada pasien lain yang tertular baik dari dia maupun yang lainnya.
 
"Kalau ke keluarga pasien, kami sudah melakukan komunikasi dan mereka tidak ada ditemukan penyakit atau gejala yang serupa, mungkin dia nggak ada kontak sama keluarganya," kata dia.*

Baca juga: Batam bantah rumor warganya ada yang idap cacar monyet

Baca juga: Pemkot Batam antisipasi penularan cacar monyet

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023