Jakarta (ANTARA) - Federasi Pencak Silat Australia (APSF) – Victoria menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat Nasional ke-10 tahun 2023 di MSAC Arena, Melbourne, pada 11-12 November 2023.

Menurut keterangan tertulis APSF yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa, kejuaraan tersebut diikuti oleh 124 atlet yang mewakili hampir seluruh negara bagian di Australia.

Tidak hanya menggelar pertandingan pencak silat, namun kejuaraan pencak silat tersebut juga memperlihatkan pertunjukan seperti seni pencak silat dan tarian Haka dari Selandia Baru kepada seluruh peserta dan penonton yang hadir.

“Ini bukan hanya merupakan ajang mencari atlet terbaik untuk mewakili Australia dan menumbuhkan sportivitas, tetapi merupakan sebuah ajang promosi budaya di Australia,” kata Kuncoro Waseso, Konsul Jenderal RI di Melbourne.

“Saya bisa mengatakan bahwa seluruh peserta dan panitia yang tergabung pada acara ini merupakan duta untuk Indonesia,” tambahnya.

Disebutkan bahwa kejuaraan pencak silat tersebut merupakan salah satu cara panitia untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai keberagaman budaya dunia dan memupuk semangat persatuan global melalui semangat kebersamaan terhadap seni bela diri.

Koordinator acara tersebut, Diski Naim, mengatakan bahwa antusiasme dari para atlet yang berpartisipasi sangat luar biasa meski ada sedikit perbedaan karena ada beberapa peraturan pertandingan yang berubah.

“Namun hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk bertanding. Peserta yang hadir juga tidak hanya dari komunitas Indonesia, banyak juga dari negara-negara Asia Tenggara lainnya yang berkompetisi pada hari ini,” kata Diski.

Diketahui bahwa hal menarik lain dari pelaksanaan kejuaraan tersebut adalah usia atlet yang berpartisipasi dalam pertandingan sangat beragam, salah satunya adalah ada satu atlet yang usianya sudah tidak muda lagi mengikuti pertandingan kategori seni.

Karena hal tersebut, kejuaraan pencak silat tersebut bisa menjadi platform untuk para pesilat dan peminat pencak silat dari semua aliran untuk menunjukkan kemampuan mereka tanpa menghiraukan latar belakang.

APSF juga menyampaikan bahwa kejuaraan pencak silat nasional akan selalu diadakan setiap tahun untuk mencari talenta pesilat terbaik dan menumbuhkan kecintaan terhadap seni bela diri pencak silat.

Baca juga: Tim Pencak Silat Kazakhstan dukungan KBRI raih 9 emas kejuaraan dubai
Baca juga: Festival Silat Serumpun diikuti ratusan peserta, ada pesilat Malaysia


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023