Jakarta (ANTARA News) - PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB) dan PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) menandatangani perjanjian jual beli akuisisi atas seluruh saham  PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dengan harga 30 juta dolar AS.

Menurut siaran pers yang diterima Antaranews, Jumat, AIBM dan IASB mengakuisisi saham PCIB masing-masing sebanyak 264.113.930 dan 15.000 lembar saham.

"Masuknya PCIB ke dalam perusahaan patungan kami dengan ICBP merupakan sebuah langkah besar ke depan untuk memperluas pasar minuman non-alkohol," kata Presiden Asahi Group Holdings, Ltd Naoki Izumiya.

Sementara itu Direktur Utama ICBP Anthoni Salim mengatakan secara grup, ICBP telah lama bekerja sama dengan Pepsi Co.

"Dengan penggabungan ini maka kami akan menjadi salah satu pemain utama di industri minuman non-alkohol di Indonesia," kata Anthoni Salim.

PCIB merupakan perusahaan patungan antara PT Gapura Usahatama, salah satu perusahaan dari Salim Group dan Seven-Up Nederland B.V., perusahaan afiliasi Pepsi Co Inc.

PCIB bergerak di bidang produksi, pemasaran, dan distribusi secara eksklusif atas produk-produk non-alkohol merek PepsiCo seperti 7Up, Tropicana Twister, dan Fruitamin, Tekita.

PCIB mencatatkan penjualan neto sebesar Rp714,4 miliar pada 2012, Rp714,8 miliar pada 2011 dan Rp665,8 miliar pada 2010.(*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013