Banyak sarana prasarana yang harus diperbaiki, direnovasi, dan bahkan diganti dengan yang baru. Ini menjadi perhatian khusus bagi Pemprov Jatim karena banyak prestasi terlahir dari tempat ini
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta SMA Negeri Olahraga (SMANOR) segera direnovasi dan dilakukan perbaikan sarana prasarana untuk terus menggenjot prestasi siswa, tak hanya di tingkat nasional namun juga tingkat internasional.

"Banyak sarana prasarana yang harus diperbaiki, direnovasi, dan bahkan diganti dengan yang baru. Ini menjadi perhatian khusus bagi Pemprov Jatim karena banyak prestasi terlahir dari tempat ini," kata Khofifah dalam keterangan diterima di Surabaya, Rabu.

Selain itu, tambah Khofifah, ada sarana prasarana juga yang akan dibangun seperti sarana prasarana untuk cabang olahraga (cabor) renang. "Insya Allah di bagian belakang akan dibangun kolam renang," ucapnya. 

Di samping itu ada juga cabang olahraga sepatu roda yang dinilai Khofifah secara standar sudah sesuai standar internasional, namun masih minimalis. Begitupun asrama siswa yang masuk dalam perhatian.

Baca juga: Gubernur: Sarana latihan SMA Negeri Olahraga Jatim perlu perbaikan

Catatan-catatan sarana-prasarana tersebut, kata Khofifah, akan dikaji untuk diprioritaskan dan disesuaikan dengan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jatim.

"Saya berharap mereka bisa beristirahat dengan suasana convenience, tentu suasana hati, pikiran, dan energi, bisa lebih produktif lagi," katanya. 

Lebih lanjut Khofifah mengatakan cabor yang menjadi unggulan dan kekuatan harus terus dimaksimalkan dengan tetap menyiapkan sarana prasarana atau dengan mengganti total. "Misalnya untuk panjat tebing, sarana prasarana harus diganti," ujarnya.

Mengenai penambahan pagu dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMANOR, Khofifah menyerahkan perhitungan tersebut pada Dinas Pendidikan Jatim karena berkaitan dengan kebutuhan dan kapasitas di masing-masing cabor unggulan sehingga butuh proses assement lebih lanjut.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Aries Agung Paewai, menambahkan beragam prestasi yang ditorehkan siswa SMANOR menunjukkan bahwa program pembinaan atlet pelajar di sekolah setempat cukup efektif untuk mencetak atlet pelajar bermental juara yang ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap dan berstandar nasional.

Baca juga: KONI Jatim bertekad tak berhenti sumbang atlet nasional
 Baca juga: KONI Jatim beri beasiswa pendidikan atlet peraih medali SEA Games XXXI
Baca juga: Gubernur Khofifah apresiasi perjuangan atlet Jatim di SEA Games 2023
 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023