Jakarta (ANTARA) - Selebritas Korea Selatan Cho Yi-hyun mengatakan baru pertama kali mendapatkan proyek drama sageuk atau berlatar kehidupan Korea di masa lalu dan karenanya dia sempat cukup terbebani ketika.

Namun, dia seperti disiarkan keterangan pers Viu, Rabu, setelah pembacaan naskah, semakin tertarik dengan karakter Jung Soon-deok yang karismatik, sosok janda muda dengan satu anak dan bekerja sebagai mak comblang di drama "The Matchmakers".

Cho Yi-hyun pun bertekad untuk menggunakan kesempatan memerankan drama ini untuk menunjukkan sisi baru dari dirinya sebagai aktris yang terus berkembang.

Dalam sebuah wawancara, alumni Kyunghee Universitas Kyunghee ini bilang ingin mencoba peran baru yang belum pernah ia mainkan sebelumnya.

Baginya, ada kepuasan tersendiri ketika penonton melihat ia berhasil memerankan karakter yang berbeda. Sebelumnya dia pernah membintangi drama yang melibatkan kekuatan supranatural, zombie, rumah sakit, dan sekolah.

Baca juga: Cerita kreator "Moving" temukan kebebasan berkreasi lewat karyanya

Baca juga: Tiga hal yang ditawarkan "Behind Your Touch", drama baru Suho EXO


Kali ini, dia bergabung dalam drama "The Matchmakers", beradu peran dengan penyanyi idola K-pop sekaligus aktor Rowoon. "The Matchmakers" bercerita tentang duda bernama Shim Jun-woo (diperankan oleh Rowoon) dan janda bernama Jung Soon-deok (diperankan oleh Choi Yi-hyun) yang bekerja sama mencarikan jodoh untuk wanita dan pria yang berusia di atas rata-rata calon pengantin di masa Joseon.

Sebagai mak comblang paling terkenal di ibukota Joseon, Cho Yi-hyun menjadi Lady Yeojoo. Sementara sebagai menantu keluarga menteri istana yang juga seorang ibu, Cho Yi-hyun menjadi sosok bernama Jung Soon-deok.

Dia kehilangan suaminya yang meninggal dunia karena sakit lalu menjadi mak comblang untuk membuat orang lain menemukan orang yang tepat dan mencintai pasangannya seperti ia mencintai suaminya dulu.

Untuk memerankan dua karakter yang berbeda, Cho Yi-hyun menekankan pada perbedaan tampilan luar. Dia sempat mencoba-coba berbagai dandanan. Untuk peran sebagai ibu rumah tangga, rambutnya ditata sederhana dan wajahnya sama sekali tidak menggunakan riasan.

Sementara saat bekerja sebagai mak comblang ia mengenakan riasan wajah yang tebal, dengan aksen tahi lalat di bawah mata kanan. Rambutnya pun ditata berbeda dengan diberi tambahan konde besar ala Korea yang disebut gache.

Baca juga: Lima tayangan baru Viu di Oktober, drama Cha Eun-woo hingga Rowoon

Pakaian yang dikenakan pun berbeda dari segi warna dan model. Dengan begitu orang tidak akan mengenali kalau ia adalah menantu keluarga terpandang.

Cho Yi-hyun debut di dunia akting tahun 2017 melalui web drama berjudul "Sweet Revenge" yang juga dibintangi aktor Cha Eun-woo. Meski perannya sebagai aktor pendukung tapi bakatnya berhasil dilirik JYP Entertainment dan dia pun bergabung dengan agensi yang menaungi grup idola K-pop TWICE itu.

Namun tahun berikutnya dia memutuskan pindah ke agensi Artist Company yang menaungi aktor Lee Jung-jae, Jung Woo-sung, Park So-dam, dan Lim Ji-yeon.

Wanita kelahiran 8 Desember 1999 itu pertama kali mendapat peran utama dalam drama "School 2021". Untuk perannya sebagai siswa seni yang mahir melakukan pertukangan, ia belajar dan berlatih untuk membuat aktingnya meyakinkan.

Kekompakannya bersama lawan main dalam "School 2021", Kim Yo-han berbuah manis. Dia diganjar penghargaan sebagai "Pasangan Terbaik KBS Drama 2021".

Bagi Cho Yi-hyun, perannya di "School 2021" seperti hadiah dari langit. Drama "School" telah dibuat sejak tahun 1999 dan terkenal mengangkat pamor pemerannya seperti Bae Doo-na dan Jang Hyuk ("School 1999"), Gong Yoo ("School 2001"), Lee Jong-suk dan Kim Woo-bin yang berperan dalam "School 2013", Kim Se-jeong, Jang Dong-yoon, dan Kim Jung-hyun ("School 2017").

Baca juga: Selain "Twinkling Watermelon", ini empat drakor lain tentang band

Baca juga: Buntut kasus narkoba, aktor Korsel Lee Sun-gyun mundur dari drama baru

Baca juga: Jung Hae-in pertimbangkan bintangi drama komedi romantis baru

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023