Untuk alokasi ke Sumut ada 10 ribu ton dan diupayakan tiba pada akhir tahun ini.
Medan (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara (Sumut) menyatakan sebanyak 10 ribu ton jagung pakan impor diupayakan masuk ke Sumut pada tahun 2023.

"Untuk alokasi ke Sumut ada 10 ribu ton dan diupayakan tiba pada akhir tahun ini," kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu, di Medan, Rabu.

Meski demikian, Arif mengaku belum dapat memastikan kapan persisnya jagung tersebut tiba.

Menurut dia, pada tahap awal, jagung impor akan disalurkan terlebih dahulu ke wilayah Pulau Jawa.

"Tahap pertama ini diprioritaskan ke Jawa. Ini masih proses pengapalan awal," kata Arif.

Pada 11 Oktober 2023, pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) menugaskan Bulog untuk mengimpor 500 ribu ton jagung pakan guna mengatasi defisit produksi pada kuartal IV 2023.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menuturkan rencana impor jagung pakan merupakan langkah strategis pemerintah untuk mengatasi fluktuasi harga jagung pakan agar nilainya terjaga di tingkat petani.

Pada Rabu (15/11), sebanyak 20 ribu ton jagung pakan impor asal Vietnam tiba di Pelabuhan Terminal Teluk Lamong, Surabaya.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut, itu menjadi kedatangan perdana dari total 250 ribu ton jagung impor untuk tahap pertama.

"Ini merupakan kedatangan perdana dari penugasan tahap pertama sejumlah 250 ribu ton. Adapun total penugasan yang diberikan kepada Bulog sebanyak 500 ribu ton," kata Budi.

Terkait hal tersebut, Arif Mandu menegaskan bahwa impor harus dilakukan demi mengendalikan harga jagung pakan.

Di Sumut, berdasarkan Panel Harga Bapanas, harga rata-rata jagung di tingkat peternak mencapai Rp6.350 per kilogram pada Rabu ini. Pada seminggu terakhir, harganya berada di rentang Rp6.210-Rp6.430 per kilogram.

Harga itu lebih tinggi dibandingkan harga acuan penjualan jagung di konsumen yang diatur pemerintah dalam Peraturan Bapanas Nomor 5 Tahun 2022 yakni Rp5.000 per kilogram.

"Kalau harga pakan naik, harga daging ayam dan telur ayam akan ikut naik," ujar Arif Mandu.
Baca juga: Perum Bulog segera distribusikan jagung pakan untuk stabilkan harga
Baca juga: Bapanas: Jagung pakan impor didistribusikan ke peternak mandiri


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023