Pengerjaan pembangunan gudang logistik baru akan dilaksanakan bulan Desember mendatang, yang akan melibatkan prajurit Kodam XVII/Cenderawasih
Jayapura (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Puncak, Papua Tengah, Darwin Tobing mengatakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan dana sekitar Rp70 miliar untuk membangun gudang logistik di dua lokasi yaitu di Sinak dan Agandugume.

"Pengerjaan pembangunan gudang logistik baru akan dilaksanakan bulan Desember mendatang, yang akan melibatkan prajurit Kodam XVII/Cenderawasih," kata Darwin Tobing kepada Antara, di Jayapura, Rabu.

Bila telah selesai dibangun, kata dia, diharapkan gudang logistik tersebut mampu menangani kekurangan pangan akibat cuaca buruk yang berdampak kepada tanaman warga di wilayah tersebut. 

"Nantinya gudang logistik itu menyimpan persediaan yang pada saat darurat dapat langsung disalurkan," katanya.

Baca juga: Menko PMK letakkan batu pertama, gudang logistik di Sinak dibangun

Ketika ditanya kondisi masyarakat di Distrik Agandugume, Oneri, dan Lambewi, yang sempat dilanda kelaparan setelah tanaman milik warga mati akibat es yang menyelimuti tanaman mereka, Darwin Tobing mengaku saat ini sudah tertangani.

"Masyarakat di ketiga distrik itu sudah beraktivitas secara normal," kata Darwin Tobing.

Cuaca ekstrem yang melanda Agandugume, Oneri, dan Lambewi, telah menyebabkan enam orang meninggal akibat diare yang dipicu kelaparan.

Kabupaten Puncak, Papua Tengah, memiliki 25 distrik dan 206 kampung dengan luas wilayah 8.055,00 km persegi.

Baca juga: Cuaca ekstrem, warga Agandugume dukung pembangunan gudang logistik
Baca juga: Pemerintah akan bangun empat gudang logistik di Papua

 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023