Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan pengalihan arus lalu lintas selama penyelenggaraan acara Jakarnaval di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Jalan MH Thamrin pada Minggu (30/6) nanti.

"Terkait dengan penyelenggaraan Jakarnaval, Dinas Perhubungan DKI bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di Jakarta, Jumat.

Acara Jakarnaval merupakan serangkaian kegiatan yang khusus dikemas dan dipersembahkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Polda Metro Jaya bagi warga DKI Jakarta dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta ke-486.

Acara Jakarnaval akan diselenggarakan pada Minggu (30/6) pukul 15.00 hingga 18.00 WIB dengan rute mulai dari Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan (depan Balai Kota), melintasi Jalan MH Thamrin sisi timur (Bundaran Patung Kuda) dan berakhir di Jalan MH Thamrin sisi timur (Bundaran HI).

Menurut Pristono, pada pukul 14.00 WIB akan mulai dilakukan penutupan di Jalan Medan Merdeka Selatan (sisi selatan) untuk parkir kendaraan karnaval dan peserta karnaval.

"Kemudian, di Jalan MH Thamrin sisi timur, dari Bundaran Patung Kuda sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan dilakukan penutupan mulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB," ujar Pristono.

Pristono menuturkan untuk pergerakan timur ke barat dan barat ke timur yang melintasi Jalan MH Thamrin sampai dengan Bundaran HI, seperti Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Kebon Sirih, Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Kebon Kacang akan dilakukan penutupan yang sifatnya situasional.

"Penutupan yang situasional itu artinya hanya ditutup pada saat rombongan karnaval melintas. Sedangkan untuk pergerakan timur ke selatan dan barat ke selatan dilarang selama karnaval berlangsung," tutur Pristono.

Sementara itu, Pristono mengungkapkan untuk pergerakan utara ke selatan dari Jalan Medan Merdeka Barat menuju Bundaran HI akan dilakukan penutupan pada saat rombongan karnaval melintas. Alternatif pergerakan, lanjut dia, dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan sisi utara atau Jalan Budi Kemuliaan dan seterusnya.


Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013