Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia Cape Town fasilitasi pembaruan kerja sama Sister City Denpasar-Mossel Bay, Afrika Selatan melalui penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani pada akhir Januari dan Februari 2023.

Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono menyerahkan langsung MoU yang ditandatangani Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara kepada Walikota Mossel Bay dan jajarannya pada Rabu (15/11).

"Kami berharap hubungan dan kerja sama dapat lebih ditingkatkan secara konkrit untuk kemanfaatan masyarakat kedua pihak mengingat opportunity window saat ini terbuka lebar," ujar Tudiono dalam rilis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Tudiono menjelaskan bahwa kerja sama Sister City ini diperluas dengan penambahan bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan keorganisasian, selain itu masa berlaku perjanjian juga diperpanjang dari tiga menjadi lima tahun yang telah dimulai sejak 2019 namun terhambat pandemi pada 2020-2022.

Selain itu, lingkup kerja sama juga diperbarui yang meliputi peningkatan kerja sama bidang promosi budaya dan pariwisata, ekonomi kreatif dan peningkatan kapasitas SDM bagi pelaku bidang-bidang tersebut.

Denpasar dan Mossel Bay memiliki prioritas ekonomi yang bertumpu pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"KJRI Cape Town siap mendukung suksesnya kerja sama dan siap mengeksplor kerja sama lebih lanjut," ujar Tudiono

Salah satu bentuk kerja sama adalah penyelenggaraan Indonesian Folk Market di Mossel Bay pada Maret 2024 yang sebelumnya sukses diadakan di KJRI Cape Town pada 14 Oktober 2023.

Indonesian Folk Market memamerkan produk kuliner dan kerajinan tangan dari Indonesia seperti batik, selain itu acara tersebut juga menampilkan tarian tradisional dan hiburan musik serta pertemuan B2B (business to business).

Sementara itu Walikota Mossel Bay mengaku senang dengan pembaruan kerja sama Sister City dan berharap kerja sama ini dapat dilaksanakan secara efektif ke depan.

Mengenai bidang kerja sama yang dapat dieksplorasi, pemerintah Mossel Bay menyampaikan kemungkinan memperluas kerja sama di bidang pertukaran budaya, teknologi fiber, peningkatan ekspor impor serta motorsport.

Selain itu pemerintah Mossel Bay juga berharap ada kerja sama antar pemuda sebagai generasi penerus yang akan berperang dalam pembangunan, pemerintahan dan kemajuan bangsa.

Sebagai simbol kedekatan Mossel Bay dengan Denpasar, kota itu akan memberi nama salah satu ruang di Balai Kota dengan nama Denpasar.

Proses yang sedang berjalan ini diharapkan dapat diresmikan pada saat penyelenggaraan Indonesian Folk Market pada Maret 2024.

Mossel Bay merupakan kota pelabuhan dan dikenal sebagai salah satu kota wisata penting di Provinsi Western Cape, Afrika Selatan.

Baca juga: Konjen: Darah kepahlawanan Indonesia menyebar ke Cape Town sejak lama
Baca juga: KJRI dampingi ABK WNI yang menjalani rawat inap di Cape Town
Baca juga: KJRI Cape Town dukung pemasaran produk Indonesia di Afsel

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023