Lampung Selatan (ANTARA) - Sebanyak 1.000 penari dari pelajar SD, SMP, ikut memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-67 Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2023, dengan menampilkan tari tradisonal massal bedana.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto diadakannya mengatakan tari massal bedana tersebut bertujuan mendorong kesadaran akan pentingnya melestarikan tradisi dan seni daerah, serta menjaga identitas kultural, dan memberikan ruang bagi generasi muda untuk terlibat dalam warisan budaya di Lampung.

"Saya berterimakasih atas dukungan Pemkab Lampung Selatan diadakanmya tari massal ini agar generasi muda kita mencintai tradisi dan seni daerah yang kita miliki," kata Winarni, di Kalianda, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan tari Bedana massal tersebut berlangsung di Lapangan Way Handak Expo, Lampung Selatan, pada Kamis.

Kemudian ia menjelaskan tarian tersebut sebagai salah satu warisan budaya dan kearifan lokal Lampung yang harus terus ditumbuhkembangkan dan dilestarikan.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Asep Jamhur, mengatakan, kegiatan tari ini akan terus dilakukan dan dilestarikan di setiap sekolah mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. "Ini kegiatan positif untuk mengenal budaya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, karena kita ini kaya akan budaya khususnya tarian," kata Asep.

Baca juga: Surabaya sukses pecahkan rekor Muri kategori Superlatif Tari Remo

Ia mengatakan pihaknya akan membuat surat edaran terkait kegiatan melestarikan budaya tarian tersebut menjadi agenda wajib setiap sekolah yang ada di Lampung Selatan.

"Kami nanti ke depan akan mewajibkan setiap sekolah untuk dan harus bisa dalam satu sekolah memiliki tim penari dari jenjang PAUD sampai dengan SMP," ujarnya.

Ia berharap agar semua tenaga pendidikan dapat bekerja sama dengan pihak terkait untuk memahami dan mempelajari kesenian yang ada di wilayah ini.

"Harapannya ke depan semua tenaga pendidik, semua siswa siswi memiliki aktor memahami arti dari kesenian budaya yang ada di Lampung Selatan," ujar dia.

Baca juga: Ribuan warga ikut tari Jepin massal puncak HUT Kota Pontianak ke-251

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023