Jakarta (ANTARA) - Sebanyak empat skuad Indonesia yakni Proshabibi, Knight, The Boss, dan Prime ID siap berlaga di babak semifinal dan grand final turnamen esports Dawn of Champions, yang akan digelar pada Sabtu (18/11).

Dikutip dari keterangan resmi, Jumat, keempat skuad ini berhasil lolos ke babak semifinal usai melewati perjalanan panjang melawan lebih dari 500 skuad lainnya yang berpartisipasi di Dawn of Champions.

Turnamen Dawn of Champions adalah kompetisi esports pertama dari Garena Undawn yang mempertemukan squad terbaik semua camp yang ada di Indonesia. Turnamen ini mengusung skema pertandingan PVP (player vs player) dan telah dimulai sejak 10 Oktober 2023.

Turnamen ini diikuti oleh lebih dari 500 skuad yang bertarung di sepanjang babak kualifikasi, mulai dari In-game Qualifier (10-14 Oktober 2023) dan Squad Battle Server (28-29 Oktober 2023), hingga Cross Server Playoff (4-5 November 2023).

Baca juga: Garena gelar turnamen "Dawn of Champions" mulai 10 Oktober

Dari rangkaian panjang babak kualifikasi tersebut, kini tersisa empat squad yang akan bertanding di semifinal dan grand final Dawn of Champions.

Proshabibi Lion dari server Lost City dan Knight Falcon dari server Western Outpost menjadi dua tim pertama yang memastikan kursi di semifinal.

Mereka lolos usai melibas lawan-lawannya di Cross Server Playoff Bracket hari pertama pada 4 November 2023. Proshabibi menang tipis 3-2 atas The Boss, sedangkan Knight menang 3-0 atas Paradox.

Di Cross Server Playoff Brackett lainnya, Prime ID Falcon dari server Blockade dan The Boss Lion dari server Raven Shelter berhasil lolos ke babak empat besar. Prime ID mengalahkan Mightywolf dengan skor 3-0, sedangkan The Boss mengalahkan Elementum dengan skor 3-0.

Semua pertandingan di babak Cross Server Playoff digelar dengan mekanisme best of five, artinya tim pertama yang mencapai 3 kemenangan dinyatakan sebagai pemenang.

Pada semifinal nanti, Proshabibi Lion akan menghadapi Knight Falcon, sedangkan The Boss Lion akan melawan Prime ID Falcon.

Baca juga: Lebih dari 50.000 pelajar ikuti Garena Youth Championship 2023

Mereka akan bertanding dalam skema best of 7, di mana tim pertama yang meraih 4 kemenangan yang akan lolos. Tim yang lolos akan kembali bertanding di babak Grand Final dengan skema Best of 7 di hari yang sama.

Di babak semifinal dan grand final, semua pemain akan memulai pertarungan dari nol alias membangun karakter baru.

Setiap pemain akan diberikan akun khusus dan modal yang sama rata untuk membangun karakter sesuai kebutuhan skuad mereka. Bukan hanya menguji kreativitas, tantangan ini juga membuat tidak akan ada skuad yang memiliki competitive advantage dalam pertarungan.

Pemenang Dawn of Champions akan membawa pulang gelar juara dan bagian terbesar dari total prize pool senilai Rp300 juta.

Penggemar dapat menyaksikan laga penting Dawn of Champions melalui kanal YouTube resmi Garena Undawn pada Sabtu (18/11) mulai pukul 12.30 WIB.

Baca juga: Tiga tim esports Indonesia siap berlaga di FFWS 2023 Bangkok
Baca juga: Garena Game Jam wadah kompetisi developer gim muda Indonesia


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023